Sejak kemunculan pertamanya di episode pertama di seri One Piece, Shanks sudah memperlihatkan tanda-tanda bahwa dia bukanlah orang yang biasa. Akagami no Shanks atau yang biasa disebut Shanks atau rambut merah, adalah penolong Luffy di episode pertama. Saat seekor hiu besar akan memakan Luffy, Shanks mengorbankan tangan sebelah kirinya untuk dimakan.

Sejak saat itu Luffy dan Shanks jadi berteman baik, bahkan Luffy “berhutang” kepada Shanks untuk bertemu saat dia sudah menjadi lebih kuat. Ada sebuah fakta menarik dari adegan tersebut, yaitu saat sang hiu melihat mata Shanks hiunya langsung melarikan diri ketakutan. Seiring berjalannya cerita, akhirnya diketahui kalau Shanks memiliki Haki (kekuatan tekad) yang hanya dimiliki segelintir orang saja yaitu Haki Haoshoku.

Selain saat menyelamatkan Luffy, kekuatan Haki Shanks juga sempat diperlihatkan dalam beberapa cerita seperti saat Shanks mengunjungi moby Dick. Dia berhasil membuat pingsan sebagian besar kru dari White Beard (bahkan merusak kayunya). Kekuatan Haoshoku Shanks juga pernah jadi cerita legenda saat dikabarkan dia pernah membuat pingsan 100.000 orang, sedangkan Luffy hanya 50.000. Kemudian yang paling monumental adalah saat dia berada di cerita pertarungan besar di Marineford. Shanks melindungi Coby dari serangan tinju magma Akainu dengan pedangnya.

Hal tersebut menarik karena Shanks mampu menahan serangan Akainu dalam bentuk aslinya. Lalu, apakah Shanks seorang pemegang Haki terkuat? Sejauh ini, Shanks adalah pengguna Haki terkuat setelah Rayleigh. Semua kemampuan Haki yang dimiliki oleh Shanks tersebut tidak mengherankan memang, karena kemungkinan Shanks belajar dari ahlinya yaitu Silvers Rayleigh mengingat mereka ada di kapal yang sama dan merupakan rekan satu kru.

Shanks bukanlah seorang pengguna buah iblis – meskipun sebenarnya tadinya dia akan menggunakan buah iblis sebelum kemudian buah Gomu Gomu dimakan oleh Luffy. Dia hanya mengandalkan kemampuan Hakinya. Tapi, darimana sebenarnya sumber kekuatan Haki Shanks tersebut? Ada beberapa alasan untuk hal itu.

Pertama, Shanks sudah menguasainya sejak dulu. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Rayleigh kemungkinan adalah orang yang mengajari Shanks bagaimana mengendalikan Hakinya dan mengajarkan berbagai Haki lainnya. Setelah mereka berpisah, Shanks kemudian mengembangkan sendiri kemampuan Haki tersebut. Dalam Data Book Vivre Card pun disebutkan, kalau Shanks memiliki kemampuan ketiga Haki tersebut

Teori lainnya adalah dengan menggabungkan ketiga Haki menjadi satu. Dalam salah satu artikel yang pernah dibuat, sempat dibahas mengenai kekuatan Haoshoku Haki atu Haki penakluk yang merupakan Haki terkuat. Haki tersebut kemungkinan bisa dipadukan dengan Haki lainnya, Armament Haki dan juga Observation Haki.

Jika satu Haki saja sudah menghasilkan sesuatu yang dahsyat, tentunya akan jauh lebih dahsyat lagi jika Haki tersebut digabungkan dengan satu atau dua haki lainnya. Salah satu contoh dari penggabungan Haki ini adalah ketika Luffy yang mampu menahan serangan Doflamingo. Contoh lainnya adalah ketika Shanks mampu menahan serangan Akainu dan juga Whitebeard meskipun hanya dengan satu tangan.

Intinya, Shanks belajar dari guru yang paling hebat dan kemungkinan kekuatannya melebihi kemampuan Haki Rayleigh. Sampai saat ini memang masih belum diketahui secara gamblang seberapa besar kekuatan maksimal seorang Shanks. Tapi, dengan berbagai bukti yang diperlihatkan oleh Eiichiro Oda dalam berbagai cerita One Piece memperlihatkan jika Shanks adalah sosok yang paling kuat dalam menggunakan Haki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.