Anime: Mumen Rider

Meskipun Saitama adalah karakter utama dalam serinya, tapi karakter yang sebenarnya bisa dianggap pahlawan adalah Mumen Rider. Dia gak punya kekuatan super apa-apa. Satu-satunya kekuatan yang dia miliki adalah dengan menggenjot sepedanya sekencang mungkin, lalu menabrakannya ke arah musuh. Benar-benar sosok yang lemah.

Memang bisa dipahami kenapa harus ada sosok karakter seperti ini, karena sebagai pembanding atau kontras dari seri ini sendiri. Bedanya adalah di anime, kita bisa melihat bagaimana Mumen Rider terlihat begitu epik. Sedangkan di manganya, dia terlihat seperti karakter biasa saja. Meskipun dia sendiri takut Mumen Rider selalu diperlihatkan mencoba untuk tetap profesional.

Manga: Kemampuan Yusuke Murata

Datangnya Yusuke Murata ke dalam hidup ONE, memberikan perubahan yang sangat luar biasa khususnya dari segi karyanya. Buat Geeks yang tahu bagaimana gaya gambar atau art style dari ONE, pastinya bisa melihat perbedaan yang luar biasa jauh antara ONE dan Yusuke Murata. Skill menggambar Murata memang sangat luar biasa, contohnya di chapter 15 ketika Saitama pertama kali bertemu dan berhadapan dengan Speed O’ Sound Sonic.

Gaya menggambar dari Murata sukses memperlihatkan bagaimana sebuah kecepatan tinggi ditampilkan dalam sebuah cerita manga. Bahkan, meskipun dalam versi anime kita bisa mendapatkan treatment yang lebih baik karena adanya dukungan audio visual, tapi karya dari Yusuke Murata di setiap chapternya selalu memberikan keunikan yang jadi ciri khas manga OPM.

Anime: Kekuatan Saitama

Seperti yang udah disebutin sebelumnya, versi anime lebih unggul dibandingin versi anime dalam hal memperlihatkan secara jelas bagaimana pertarungan atau kekuatan seseorang. Selain saat mengalahkan Mosquito Girl, saat Saitama sedang berlatih tanding dengan Genos kita bisa melihat dan merasakan bagaimana mengerikannya kekuatan dari Saitama, yang mana dia masih menahan kekuatannya alias belum 100% .

Dalam pertarungan tersebut kita diperlihatkan efek yang ditimbulin dari angin yang ditimbulkan oleh pukulan Saitama, dimana hal itu bisa membuat bukit di belakang tubuh Genos berlubang dan hancur.

Manga: Cerita Bonus

Di poin sebelumnya sempat disebutin kalau hampir setiap volume dari manga OPM ada sebuah chapter bonus yang memperlihatkan sisi lain dari seorang Saitama. Anime sendiri sempat melakukan hal yang sama dengan merilis OVA  setiap musimnya. Tapi, jika dibandingkan dengan OVA cerita bonus di manga jauh lebih menarik dan superior.

Hal yang jarang diperlihatkan dalam cerita One-Punch Man adalah bagaimana sisi baik seorang Saitama. Dia memang bisa saja menghancurkan monster atau musuh dalam satu kali pukulan, tapi cerita bonus ini lebih mengembangkan karakter dari Saitama. Disini, kita diperlihatkan bagaimana Saitama bukanlah karakter yang sombong, dan dia menjadi pahlawan karena bukan karena kekuatannya tapi karena kebaikannya.

Anime: Adegan Pertarungan

Hal ini tentunya udah gak perlu diragukan lagi, dimana dalam anime adegan pertarungan bakalan lebih menarik dibandingkan dalam versi manga. Menghadirkan sebuah pertarungan yang epik sekaligus bisa memeperlihatkan kekuatan dari setiap karakter tentunya bukan hal yang mudah. Kerja keras animator dan juga orang-orang di belakang layar tentunya terbayar dengan sebuah adegan pertarungan yang epik dan menarik. Dan, lagi, buat sebagian orang mereka lebih menikmati pertarungannya dalam versi audio visual dibandingkan hanya visual saja.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.