Perilisan film Birds of Prey pada awal Februari kemarin terbilang cukup sukses, meskipun ternyata reaksi berbeda disampaikan oleh sebagian besar orang. Salah satu film terbaru besutan dari Warner Bros. dan DC Film ini berkisah tentang bagaimana Harley Quinn mencoba untuk keluar dari bayang-bayang Joker, dan memulai hidup baru dengan mencari teman-teman baru.

Meskipun filmnya memang memang merupakan bagian dari DCEU, dengan munculnya Harley Quinn dan karakter dari film Suicide Squad versi 2016, nyatanya film ini lebih berfokus pada cerita tentang Harley Quinn dan seolah menjadi film solo bagi Harley Quinn. Artinya, ada beberapa plot hole dalam cerita ini. Apa saja?

Hilangnya Karakter Penting Di Kota Gotham

Film Birds of Prey berlatar di kota Gotham, yang rasanya memang masuk akal karena para karakter yang muncul pun – termasuk Harley Quinn – memang sering melakukan aksi kejahatannya di kota itu. Tapi, yang menjadi aneh adalah bagaimana dengan aksi “keributan” yang dibuat oleh Harley Quinn dan tim Birds of Prey tidak memancing keanehan dari beberapa “penduduk” Gotham.

Gotham merupakan kota tempat tinggal dari Batman, tempat Joker berbuat kejahatan, dan juga ada James Gordon yang menjadi kepala polisi di wilayah tersebut. Sayangnya, tidak ada dari mereka yang muncul di filmnya. Memang, jika dilihat dari faktor lain ada hal yang bisa menjelaskan itu semua. Contohnya, Ben Affleck yang mundur dari perannya dan digantikan oleh Robert Pattinson yang bahkan belum debut. Jared Leto sendiri sedang sibuk dengan film Morbius, dan kemudian Jeffrey Wright yang menggantikan J.K. Simmons sebagai komisioner Gordon. Jadi, secara logika memang mereka tidak bisa muncul.

Tidak ada penjelasan apapun mengapa mereka absen dari kota Gotham selain referensi kepada sosok Bruce Wayne dan tingginya aktifitas illegal yang terjadi di kota Gotham. Dengan apa yang dilakukan oleh Harley kepada Black Mask, seharusnya hal itu mendapatkan perhatian dari Batman atau James Gordon.

Amanda Waller dan ARGUS Tidak Mencoba Menangkap Kembali Harley Quinn

Dalam film Suicide Squad, kita mengetahui jika Harley Quinn ditangkap dan dipenjara di Belle Reve Special Security Barracks, bersama dengan para anggota Task Force X lainnya. Ketika semua misi selesai dilakukan, mereka semua kembali dipenjara. Sampai akhirnya Joker kemudian membebaskan Harley Quinn dengan membobol penjara tersebut di akhir filmnya.

Yang menarik dari film Birds of Prey adalah bagaimana Harley Quinn tidak hanya akhirnya bebas dari Joker, tapi juga dari penjara dan kejaran Amanda Waller. Pertanyaannya kemudian, kemana Amanda Waller dan timnya? Mengapa dia dia dan ARGUS belum menangkap kembali Harley Quinn?

Harley Quinn pada dasarnya adalah seorang kriminal yang berbahaya, yang tentunya akan sangat beresiko jika dia berkeliaran di luar. Film ini juga tidak memperlihatkan situasi Harley Quinn yang seolah berada dalam pelarian. Dia justru santai dan senang dengan kehidupannya. Apalagi dengan tidak adanya Joker, rasanya menangkap kembali Harley Quinn menjadi perkara mudah bagi Waller.

Captain Boomerang Menjadi Buronan di Gotham

Sama seperti film superhero lainnya, film ini juga memiliki banyak Easter eggs dan referensi, mulai dari film lainnya sampai cerita komik. Salah satu yang mencolok adalah poster burnonan dari Captain Boomerang, karakter yang diperankan oleh Jai Courtney dalam film Suicide Squad. Ketika Harley Quinn melihat posternya, dia mengenali sosok tersebut.

Hal itu mengkonfirmasi jika dia pun kabur dari fasilitas penjara Belle Reve setelah apa yang terjadi di film Suicide Squad. Tapi, yang cukup mengherankan adalah mengapa dia ada dalam poster buronan kota Gotham? Captain Boomerang sebenarnya bukanlah musuh Batman dan dia tidak beroperasi di wilayah Gotham, melainkan Central City yang merupakan kota tempat Barry Allen alias The Flash tinggal.

Masih belum jelas mengapa Captain Boomerang masuk dalam daftar buronan kota Gotham. Mungkin saja dia masih aktif dalam pelarian, dan bersembunyi di kota Gotham. Namun, hal ini semakin mempertegas keanehan mengapa Amanda Waller dan ARGUS belum bertindak untuk menangkap mereka semua.

Bukan Jared Leto Yang Muncul Dalam Filmnya

Karakter Joker versi DCEU mulai diperkenalkan di film Suicide Squad, dan diperankan oleh aktor Jared Leto. Meskipun penampilannya singkat, namun Joker versi Letto cukup banyak menarik perhatian orang dan para fans. Setelah film itu, Joker kembali muncul dalam film Birds of Prey. Namun, kemunculannya justru membentuk sebuah lubang cerita.

Hal ini dikarenakan sosok Joker yang muncul di filmnya bukanlah Jared Leto melainkan aktor lainnya. Bahkan, dari segi penampilan pun sosok Joker yang muncul di film Birds of Prey tidak mirip dengan Joker yang diperlihatkan di film Suicide Squad. Karakter Joker di film Birds of Prey lebih mirip dengan Joker dari versi Batman: The Animated Series, karena penampilannya terlihat “tradisional,” tidak seeksentrik versi Jared Leto.

Namun, hal itu bisa dipahami. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, saat ini Jared Leto sedang sibuk mempersiapkan film Morbius the Living Vampire, film garapan Sony Pictures. Filmnya akan terkoneksi dengan timeline utama dari MCU. Di sisi lain, Jared Leto sendiri sepertinya sudah tidak lagi dibutuhkan jasanya oleh pihak WB, setelah banyaknya protes dan kontroversi dari karakter ini. WB sepertinya akan mencari cast lainnya untuk berperan sebagai Joker.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.