Variety melaporkan bahwa Priyanka Chopra Jonas telah melakukan pembicaraan akhir untuk bergabung dengan para pemeran lain dalam film The Matrix 4. Dengan masa produksi yang akan dimulai di California, sepertinya Chopra Jonas sendiri telah menyelesaikan padatnya jadwal syuting dirinya untuk serial Amazon berjudul Citadel yang juga dibintangi oleh Richard Madden. Sama seperti para pemeran lainnya termasuk Jonathan Groff, peran Chopra Jones disini masih belum diketahui untuk saat ini.

Lana Wachwski yang ikut menciptakan The Matrix bersama saudara kandungnya yaitu Lily akan mengarahkan dan menulis film baru ini bersama dengan Aleksandar Hemon dan David Mitchell, tapi saat ini belum diketahui bagaimana ia akan melanjutkan cerita dari The Matrix 4, apalagi kabar tentang dibuatnya film The Matrix 4 terbilang mengejutkan banyak orang, karena franchise ini dianggap telah selesai lewat film ketiganya yang rilis pada tahun 2003 lalu.

Warner Bros pun belum mau mengkonfirmasi apapun, tetapi masuk akal bahwa studio melihat film The Matrix 4 sebagai awal baru yang potensial untuk melanjutkan franchise The Matrix. Jika filmnya nanti terbukti sukses, bukan tidak mungkin film ini akan memiliki karakter utama baru yang ikonik untuk menggantikan karakter Neo (Keanu Reeves) dan Trinity (Carrie-Anne Moss) untuk membawa kembali franchise Matrix agar dapat terus melaju.

Sementara itu pemeran pendatang baru dari film The Matrix 4 akan diisi juga oleh Yahya Abdul-Mateen II, Jessica Henwick, Neil Patrick Harris, dan Toby Onwumere dengan peran mereka yang masih belum diketahui. Reeves dan Moss tentunya tak akan menjadi satu-satunya wajah yang akrab dalam filmnya nanti, karena kabarnya Jada Pinkett-Smith dan Lambert Wilson juga akan mengulang peran mereka sebagai Niobe dan The Merovingian. Namun demikian, banyak yang berharap agar The Matrix 4 Akan lebih fokus pada pemain baru, seperti karakter yang akan diperankan oleh Chopra Jonas nantinya.

Warner Bros pun mengumumkan tanggal rilis dari film The Matrix 4, di mana film tersebut direncanakan untuk rilis pada tanggal 21 Mei 2021. Awalnya tanggal tersebut akan diisi oleh film live-action Akira yang digarap oleh Taika Waititi, namun film tersebut akhirnya ditunda hingga film Thor 4 selesai dikerjakan.