Arrowverse baru saja memperkenalkan tim Justice League versi mereka setelah event Crisis on Infinite Earths selesai. Arrowverse sendiri pertama kali diperkenalkan pada 2012 lalu bersamaan dengan penayangan perdana series Arrow. Sejak saat itu, berbagai series dari para karakter DC lainnya pun mulai bermunculan, termasuk The Flash, Supergirl, Legends of Tomorrow, Black Lightning, dan Batwoman.

Desember kemarin, The CW memulai ajang crossover tahunan mereka dan 2019 kemarin mereka mengangkat cerita Crisis on Infinite Earths, yang merupakan adaptasi dari salah satu event populer dan ikonik di DC Comics. Dalam ceritanya, para pahlawan harus menghadapi situasi yang sulit dimana seluruh multiverse yang ada akan hancur di tangan Anti-Monitor.

Malam tadi waktu Amerika, The CW menyiarkan dua episode terakhir dari crossover tersebut. Dan di akhir bagian keempat, Oliver Queen alias Green Arrow alias The Spectre diperlihatkan mengorbankan dirinya untuk menghidupkan kembali multiverse, dengan menyatukan semua universe menjadi satu. Hal tersebut tentunya membawa perubahan besar bagi Arrowverse.

Salah satu perubahan tersebut adalah Supergirl dan Black Lightning kini ada di Earth-1, yang berganti nama menjadi Earth-Prime. Di akhir episode 5, banyak dari para pahlawan di Arrowverse yang merasa kehilangan dari sosok rekan mereka, Oliver Queen. Adegan tersebut juga menjadi sebuah awal baru bagi Arrowverse, termasuk memperkenalkan Justice League.

ImageSebenarnya nama Justice League sendiri memang tidak disebutkan dalam seriesnya, meskipun begitu The Flash mengumpulkan para pahlawan di Hall of Justice dengan sebuah meja bundar dengan logo bintang dan tameng di tengahnya. Adegan tersebut memperlihatkan Justice League versi Arrowverse untuk yang pertama kali. Para pahlawan yang dikumpulkan adalah The Flash, Supergirl, Superman, Martian Manhunter, White Canary, Batwoman, dan Black Lightning.

Tujuh orang tersebut kemudian duduk bersama di meja bundar, dengan kursi kedelapan dibiarkan kosong yang merupakan milik dari Oliver Queen. Selain memperkenalkan Justice League versi Arrowverse, di bagian akhirnya juga kita diperkenalkan dengan karakter baru (meskipun tidak ditampilkan di layar kaca) yaitu Gleek. Gleek bukanlah manusia, melainkan monyet alien berwarna biru, yang sempat muncul dalam series Super Friends di era 70an dan merupakan binatang peliharaan dari Wonder Twins.

Kehadiran dari Gleek bisa diartikan bahwa Arrowverse kini akan mulai memperkenalkan para pahlawan super binatang yaitu Super Friends. Apapun nama tim yang akan digunakan oleh para pahlawan Arrowverse, yang pasti perubahan besar sudah mulai terjadi di franchise ini, dengan lebih banyak koneksi atau hubungan dengan properti DC lainnya.

Mia Queen kemungkinan besar akan mengisi peran Oliver di masa depan, tapi masih harus kita tunggu apakah akan muncul karakter lainnya yang akan muncul, apalagi The CW sekarang tengah menggodok spinoff terbaru mereka yaitu Superman & Lois dan Green Arrow and the Canaries.