GREENSCENE.CO.ID – Karya terbaik dari Akira Toriyama, Dragon Ball, sudah memperkenalkan para pecinta manga dan anime berbagai hal tentang ras Saiyan dari planet Namek. Selain Saiyan, kita juga diperkenalkan dengan transformasi yang mereka lakukan ketika menghadapi musuh yang lebih kuat yaitu mode Super Saiyan. Transformasi tersebut semakin memperkaya cerita dari mitologi Dragon Ball.

Seri Dragon Ball GT kemudian memperkenalkankonsep dari Super Saiyan 4. Tapi, seri anime/manga terbarunya yaitu Dragon Ball Super, meluncurkan form terbaru dari Super Saiyan yang disebut sebagai Super Saiyan God, sebelum akhirnya berbagai transformasi lainnya yang lebih kuat diperkenalkan dalam ceritanya. Tapi, siapa yang lebih kuat diantara kedua form tersebut?

Apa Itu Super Saiyan God?

Di awal cerita Dragon Ball Super, setelah sang dewa kehancuran Beerus dengan mudah mengalahkan Super Saiyan 3 milik Goku, sang protagonis utama pun kemudian kembali berlatih untuk mendapatkan kekuatan yang lebih hebat demi bisa mengalahkan Beerus dan melindungi bumi. Dia kemudian menyadari bahwa jika lima Saiyan lainnya mengalirkan energi mereka kepada Goku, dia bisa membuka sebuah form mistis yang diketahui sebagai Super Saiyan God.

Setelah menerika energi dari Gohan, Vegeta, Trunks, Goten dan Pan, Goku akhirnya membuka transformasi tersebut. Super Saiyan God membuat massa otot Goku dari Super Saiyan 3 menurun menjadi normal dengan rambutnya berubah menjadi merah dan memiliki aura yang mengerikan.  Dalam form ini, kecepatan dan refleks Goku meningkat dengan signifikan dan Goku pun mampu bertarung satu lawan satu dengan Beerus.

Melihat peningkatan kekuatan Goku, Beerus akhirnya tidak jadi menghancurkan bumi dan setuju untuk melatih Goku. Setelah Goku, Vegeta kemudian berhasil mengaktifkan form ini setelah dia berlatih bersama Whis dan Beerus, melanjutkan tradisi dimana Goku terlebih dahulu mengaktifkan form tersebut.

Apa itu Super Saiyan 4?

Di akhir story arc pertama Dragon Ball GT, Goku diceritakan kembali menumbuhkan ekornya setelah dirubah secara fisik menjadi sosok anak kecil, dengan bantuan dari Supreme Kai dan Elder Kai. Tapi, meskipun hal itu sudah dilakukan Goku ternyata masih belum bisa mengalahkan Baby yang berhasil menguasai tubuh dari Vegeta dan menciptakan kembali planet tempat tinggalnya di dekat planet bumi.

Ketika Goku berhasil dikalahkan, pandangan dari planet tempat tinggalnya merubah Goku menjadi sosok monyet raksasa sebelum akhirnya Pan berhasil menenangkan Goku. Pada saat itu Goku memiliki kekuatan dan berubah menjadi Super Saiyan 4 untuk pertama kalinya. Ketika berhasil membuka form ini, ukuran tubuh Goku kembali ke bentuk dewasa, dengan sebagian besar tubuhnya ditutupi oleh bulu berwarna merah juga rambutnya tumbuh lebih panjang dan memiliki warna yang natural.

Goku kemudian menggunakan form ini untuk mengalahkan baby dan menyelamatkan Vegeta. Vegeta sendiri kemudian juga mampu untuk mengakses form ini, bedanya adalah Vegeta berubah setelah dia menerima sebuah stimulasi yang mirip dengan efek bulan.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2