Deadline melaporkan bahwa Warner Bros saat ini sedang bernegosiasi dengan Colin Farrell untuk peran Penguin. Jika kesepakatan ini menemui titik temu, maka ini akan menandai peran kedua bagi Farrell sebagai villain dalam film superhero, karena sebelumnya, Farrell pernah berperan sebagai Bullseye dalam film Daredevil (2003).

Sementara untuk karakter Penguin sendiri, ini akan menjadi ketiga kalinya kita melihat penampilan Penguin di layar lebar, karena Danny DeVito dan Burgess Meredith pernah memerankan karakter itu sebelumnya. Yang menarik, versi Penguin yang lebih muda pernah dimainkan oleh Robin Lord Taylor dalam prekuel Batman, Gotham.

Pemilihan Farrell untuk memerankan Penguin tentu saja cukup mengejutkan, mengingat bahwa dia lebih dikenal sebagai pemeran utama dalam tiap filmnya. Namun ia memang memiliki bakat untuk bermain di film komedi, seperti saat ia bermain di Horrible Bosses dan penampilannya yang lebih cerdas di The Lobster and in Bruges.

Penguin sendiri merupakan dalang dari berbagai kejahatan terorganisir di kota Gotham. Layaknya sebuah karikatur seorang pengusaha gemuk, ia dikenal selalu menggunakan topi, tuxedo, dan kacamatanya. Selain itu, ia selalu menggunakan payung yang bisa juga menjadi senjatanya. Penguin memang tak memiliki kekuatan super, tetapi ia memang memiliki kecintaan pada gadget. Berkat koneksi dan sumber daya kriminal yang ia miliki, Penguin menjadi lawan tangguh bagi Batman.