Batman dan Iron Man adalah dua karakter terpopuler baik di dunia komik (maupun layar lebar). Selain populer, mereka juga bisa dibilang superhero yang paling kaya. Keberuntungan dari memiliki sumber daya yang berlebih membuat Tony Stark dan Bruce Wayne memilih mendedikasikan dirinya untuk membantu orang lain. Sudah tidak terhitung berapa kali mereka menyelamatkan manusia.

Meskipun tidak memiliki kekuatan super, uang yang mereka miliki digunakan untuk “mempersenjatai” diri mereka untuk kepentingan yang baik. Tony Stark dan Bruce Wayne sama-sama karkater yang memiliki kekayaan melimpah, tapi siapa yang lebih kaya diantara mereka berdua? Menurut penggambaran MCU, Tony Stark adalah seorang brilian yang menjadi penerus usaha ayahnya, yaitu perusahaan raksasa teknologi Stark Industries.

Bruce Wayne pun sama, Wayne Enterprises dibangun oleh sang ayah, Thomas Wayne. Perusahaan ini bergerak di bidang transportasi dan pembelian barang, namun pada akhirnya perusahaan ini bergeser menjadi perusahaan di bidang teknologi dan memiliki kerja sama militer untuk membangun berbagai peralatan.

Jika berbicara mengenai angka, menurut majalah Forbes yang pernah diterbitkan pada 2013 silam, Tony Stark berada di posisi keempat dengan total kekayaan mencapai USD 12.4 milliar. Sedangkan Bruce Wayne ada di peringkat keenam dengan total kekayaan mencapai USD 9.2 milliar. Bruce Wayne menghabiskan dananya tersebut sebagian besar untuk mengembangkan Batsuit, Batmobiles, dan berbagai peralatan lainnya.

Sedangkan Tony Stark menghabiskan sebagian besar uangnya untuk membeli berbagai mobil sports, mansion, juga pengembangan berbagai teknologi untuk berbagai armor yang dia miliki. Jika dilihat dari angkanya, tentunya Tony Stark lebih unggul dari masalah kekayaan dari sosok Bruce Wayne. Lalu, mengapa Stark Industries selalu lebih unggul dibandingkan dengan Wayne Enterprises?

Pada dasarnya, kedua perusahaan raksasa ini berjalan dengan visi yang berbeda. Stark Industries berada di bawah kendali Tony Stark, sang Iron Man. Kepintaran dan Kecerdasannya menjadikan dia sosok pahlawan. Kecerdasan dalam bidang teknologi tersebut juga dia gunakan untuk “kegiatan” superheronya dan juga bisnisnya. Contohnya, ketika mereka berhasil membuat sebuah teknologi baru, mereka akan menjualnya kepada pihak yang berani memebeli dengan harga tinggi.

Meskipun ada beberapa teknologi Stark yang lepas kendali, seperti Ultron, namun ada teknologi lainnya yang berguna bagi Stark. Contohnya adalah “asisten pribadi” Tony yaitu Jarvis yang kemudian berevolusi menjadi Vision. Selain itu, dia juga membuat Arc Reactor yang ada di dadanya serta berbagai alat dan inovasi lainnya. Tony Stark bukan hanya seorang superhero yang sukses dan populer, dia juga seorang pebisnis ulung.

Hal tersebut justru tidak terjadi kepada Bruce Wayne. Bruce jarang sekali terlihat tertarik untuk mengurusi masalah bisnis. Bruce jarang sekali muncul dalam sebuah pertemuan bisnis, dan lebih sering mengirimkan utusannya, seperti Lucius Fox atau Alfred, untuk pergi ke sebuah pertemuan atau mengurusi masalah bisnis ayahnya.

Satu hal yang menarik dari Batman atau Bruce Wayne adalah Bruce sendiri sering kali merasa lelah untuk “menjadi dirinya sendiri” dihadapan orang lain. Beruntung ada Alfred yang selalu memberikan semangat dan motivasi kepada Bruce untuk tetap menjaga imejnya sebagai Bruce Wayne. Selain itu, Wayne Enterprises juga merupakan gerbang terakhir bagi kota Gotham yang dilanda kehancuran, akibat krisis keuangan.

Ketika Bruce menggunakan perusahaannya untuk kepentingan yang lain, dia menggunakannya untuk amal seperti membiayai rumah sakit Gotham, memberikan dana kepada panti asuhan, juga meningkatkan taraf kehidupan untuk beberapa warga Gotham yang dianggap perlu. Tony Stark juga memang tidak selamanya memikirkan masalah keuntungan dan bisnis, tapi untuk Bruce dia bahkan tidak memiliki sedikit pun pikiran tersebut.

Salah satu contohnya adalah jika dia menemukan sebuah inovasi, seperti obat penawar dari racun Scarecrow atau serum milik Joker, dia tidak akan memberikan paten atau menjualnya sampai ancaman tersebut berhenti. Bruce akan terus menggunakannya secara rahasia dan digunakan bila benar-benar dibutuhkan.

Jadi, intinya adalah Tony lebih kaya dibandingkan Bruce. Karena, keduanya memiliki visi yang berbeda dalam pandangan hal tentang bisnis sehingga mereka berdua memiliki nilai kekayaan yang berbeda. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju.