Warner Bros. dan DC Films mencoba keluar dari shared universe mereka dengan menghadirkan film yang berada diluar universe tersebut, yaitu Joker. Film karya dari Todd Phillips tersebut akan dibintangi oleh aktor kawakan Joaquin Phoenix yang berperan sebagai Arthur Fleck alias Joker. Film ini akan menjadi film pertama yang membahas tentang origin story dari sosok musuh Batman tersebut.

Meskipun WB dan DC Films memberikan keleluasaan bagi Phillps untuk mengeksplor karakternya, dia tidak mengubah semua hal yang ada pada diri Joker. Joker tetaplah karakter yang dikenal dengan riasan tebalnya dan juga tawa yang terdengar mengerikan. Dalam trailer pertamanya sendiri kita bisa mendengar bagaimana tawa maniak dari Joker versi Phoenix.

Dalam sebuah wawancara dengan media Italia, Il Vernedi, Phoenix menjelaskan tentang darimana inspirasi tawa Joker tersebut. Tawa mengerikan tersebut merupakan aspek yang ingin digali lebih dalam dan disempurnakan oleh Phoenix. Untuk melakukan hal tersebut dia “belajar” dari orang-orang yang memang memiliki gangguan pada kesehatan jiwanya.

Aku menonton banyak video dari orang-orang yang menderita gangguan pathological laughter, sebuah gangguan otak yang membuat orang tertawa secara tidak terkendali.

Namun, kita masih belum mengetahui apakah Arthur Fleck alias Joker juga akan mengalami gangguan yang sama di filmnya. Satu hal yang pasti adalah dengan Phoenix menggunakan kemampuannya untuk bisa tertawa secara tidak terkendali, artinya hal tersebut menambah realisme dari karakteristik dari sosok Joker.