T-850 (Terminator 3: Rise of the Machine)

Setelah T-800 di film Judgement Day mati di akhir filmnya, model tersebut kembali muncul dalam film Rise of the Machine. Masih diperankan oleh Arnold Schwarzenegger, T-800 di film ini dikirim ke masa lalu oleh Kate Brewster yang merupakan calon istri dari John Connor. Tujuannya masih sama yaitu melindungi John dan juga Kate.

Musuh yang dihadapinya buka T-1000, melainkan model T-850. Model tersebut memiliki sedikit perbedaan dan peningkatan dibandingkan model T-800. Model T-850 memiliki penampilan yang lebih tua dan juga lebih memahami psikologi manusia dibanding model sebelumnya. Dia juga memiliki senjata di tangannya, yang bisa dirubah kapanpun. Namun, sama dengan model sebelumnya model ini juga tidak memiliki kemampuan untuk berubah.

T-3000 (Terminator Genisys)

Film Terminator Genisys merupakan film di franchise Terminator yang banyak menerima kritikan negatif dari para fans. Namun, satu hal yang “menyelamatkan” film tersebut adalah kemunculan Arnold Schwarzenegger di film tersebut. Terminator model T-3000 juga merupakan sesuatu yang baru di filmnya. Terminator model terbaru tersebut diciptakan setelah Skynet terinfeksi oleh John Connor dari realita lain.

Kemampuannya tentunya jauh diatas Terminator lainnya, bahkan model T-1000 yang memiliki kemampuan berubah bentuk, kemampuan untuk meregenerasi, dan juga kemampuan mengadopsi perilaku lainnya. Satu hal yang pasti, Terminator model T-3000 ini lebih tahan terhadap serangan magnetik.

T-800 (The Terminator)

Secara teknis, pembahasan tentang T-800 sudah dilakukan sebelumnya. Namun, Terminator model T-800 dari film pertama ini sangat berbeda dengan model T-800 yang sudah dibahas. Dalam filmnya, Arnold berperan sebagai seorang Terminator yang jahat yang kembali ke masa lalu dan mengincar nyawa dari Sarah Connor, sebelum dia melahirkan anaknya, John Connor, pemimpin dari gerakan pemberontakan.

Pelidung sarah bukanlah robot, melainkan manusia yaitu Kyle Reese yang merupakan ayah dari John. Dia berhasil melenyapkan T-800, tapi dia juga harus mengorbankan nyawanya. Dalam film ini kita bisa melihat bagaimana Terminator model T-800 yang diperankan oleh Arnold benar-benar sangat tangguh. Dia kehilangan seluruh anggota badannya, namun Terminator tersebut masih mengincar nyawa Sarah. Satu-satunya cara agar dia mati adalah dengan menggunakan hidrolik yang menghancurkan seluruh tubuhnya. Bahkan tangannya sendiri masih terus mencoba untuk mencekik Sarah.

T-1000 (Terminator 2 : Judgement Day)

Arnold Schwarzenegger mungkin sukses untuk berperan sebagai Terminator model T-800. Tapi, Terminator model T-1000 yang diperankan oleh Robert Patrick juga tidak kalah suksesnya meraih hati para penonton. Hampir semua kemampuan dimiliki oleh model T-1000 ini. Kemampuan berubah bentuk, mampu kembali ke bentuk seperti semula, benar-benar sebuah Terminator pembunuh yang efektif.

T-800 sendiri sempat kesulitan untuk mengalahkan T-1000, karena dia selalu bisa kembali ke kondisinya yang sempurna berkat kemampuan regenerasinya. Akting Robert Patrick sebagai T-1000 juga sangat luar biasa, ditambah efek spesial dari karakternya dalam setiap adegan masih selalu dikenang oleh banyak orang. Dengan semua hal tersebut, wajar jika T-1000 menjadi salah satu Terminator yang terkuat dan paling memorable dalam franchise ini.

T-X

Ketika ada pertanyaan siapa Terminator yang paling kuat, selalu ada pilihan sulit antara T-1000 dan T-X. Jika berbicara tentang kemampuan yang lebih maju dan modern, mungkin memang T-3000 yang menjadi juaranya. Tapi, sayangnya karakter tersebut kurang diterima oleh para fans dan juga tidak ada hal yang ikonik dari T-3000. Lain halnya dengan T-1000 dan juga T-X.

T-X merupakan model Terminator yang paling maju, menyeramkan, dan modern yang pernah diciptakan oleh Skynet. Terminator yang diciptakan untuk menghabisi Terminator lainnya. Ada banyak senjata yang dia simpan di tubuhnya, seperti meriam plasma, gergaji mesin, dan kemampuan untuk mengendalikan mesin lainnya. Satu-satunya cara untuk mengalahkan T-X adalah dengan memasukan salah satu sumber tenaga dari T-850 ke dalam mulutnya dan menghasilkan sebuah ledakan besar. Hal itu membuat T-850 juga hancur dalam prosesnya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.