Saat ini, CGI memang menjadi elemen penting dalam sebuah film. Tentu saja sebuah CGI digunakan untuk mempercantik visual yang dihadirkan, atau justru menambah hal-hal yang tadinya tidak ada di filmnya. Semakin tahun, teknologi CGI semakin canggih. Bahkan kita hampir tidak bisa membedakan mana adegan yang dibuat CGI, dan mana adegan yang dibuat menggunakan efek praktis. Sebenarnya nih Geeks, CGI sudah digunakan sejak dahulu. Dan ternyata ada beberapa film klasik yang memiliki CGI terbaik, meski sudah rilis puluhan tahun lalu. CGI yang ditampilkan pun mampu bersaing dengan film-film baru. Apa saja film klasik yang tampilkan CGI terbaik? Simak berikut ini!

10Tron

Tidak ada yang menyangkal bahwa Tron menawarkan CGI terbaik pada masanya. Di sini, kita bisa melihat dunia digital yang terasa megah, berkat visual CGI ciamik yang ditampilkan. Dan meski rilis tahun 1982, rasanya visual dari film ini tidak begitu “memalukan” jika ditayangkan di tahun 2023 ini. Ternyata, Tron adalah film pertama yang menggunakan CGI 3D secara ekstensif untuk menciptakan dunia di dalamnya.

Sayangnya meski menawarkan visual memukau, Tron gagal bersinar di box office. Tron mengisahkan seorang programer bernama Kevin Flynn yang diperankan oleh Jeff Bridges. Secara misterius, Kevin Flynn masuk ke dalam dunia digital, yang dikenal sebagai Grid, yang dikuasai oleh kecerdasan buatan jahat bernama Master Control Program (MCP). Di dunia digital ini, program dan manusia bisa saling berinteraksi, dan Flynn bergabung dengan karakter Tron, program keamanan yang memberontak terhadap MCP.

Mereka berdua bersama-sama berusaha untuk menghentikan kekuasaan MCP dan memulihkan kembali kebebasan di dalam Grid. Film Tron kemudian berlanjut dengan sekuelnya yang rilis tahun 2010, berjudul Tron: Legacy. Dan sama seperti film pertamanya, Tron: Legacy juga menawarkan visual yang menarik.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/