Style


Bilyuner di dunia nyata mungkin tidak selalu memiliki style atau gaya berpakaian yang menarik. Tapi, di dalam komik kita bisa melihat kedua karakter tersebut memperlihat style yang perlente di setiap sentimeter pakaiannya. Bruce Wayne memang memiliki citra orang kaya, tapi untuk Tony Stark terlihat kaya adalah sebuah seni tersendiri. Dari mulai pakaian santai, pakaian resmi, bahkan sampai pakaian yang dia pakai untuk digunakan di pengadilan pun terlihat begitu modis.

Style: Iron Man Win


Sidekicks : Batman Menang


Apa artinya seorang superhero bilyuner tanpa bantuan sidekick. Batman atau Iron Man bukanlah karakter yang akan seperti kita kenal sekarang tanpa bantuan sidekick tersebut. kalau dikomparasikan para sidekick tersebut, Batman mungkin adalah juaranya. Nightwing, Batgirl, sampai Alfred Pennyworth, adalah beberapa nama yang memiliki sejarah panjang menjadi sidekick Batman. Mereka juga sudah menjadi karakter ikonik diluar Batman sendiri. Tapi, Pepper Potts dan JARVIS juga adalah sidekick yang menarik dan juga ikonik, tapi mungkin tidak seikonik Alfred.

Sidekicks: Batman Win


Intelligence : Iron Man Menang


Perlu diperjelas terlebih dahulu, kategori kepintaran disini maksudnya adalah kepintaran yang dibutuhkan untuk menjadi seorang superhero, kepintaran fiksi ilmiah. Kalau untuk urusan bagaimana memecahkan sebuah kasus atau misteri dengan metode deduksi, Batman adalah juaranya. Tony lebih memahami tentang Infinity Stones atau lebih paham membangun sebuah armor perang dari barang-barang bekas.

Intelligence: Iron Man Win


Insting


Tony punya kepintaran fiksi ilmiah yang dibutuhkan seorang superhero, tapi untuk urusan berpikir cepat dan bereaksi cepat Batman adalah pemenangnya. Bahkan, Bruce Wayne memiliki insting terbaik dalam cerita superhero. Insting tersebut bukan hanya dipakai dalam sebuah pertarungan saja, dia juga bisa menyelesaikan sebuah kasus atau masalah dengan menggunakan strategi yang sudah dia persiapkan.

Inilah alasan mengapa Justice League bergantung kepada strategi yang dibuat oleh Batman selama bertahun-tahun. Saat sebuah masalah atau kasus muncul, selain sudah memiliki solusi yang terbaik untuk masalah tersebut, Batman juga sudah memiliki rencana untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Insting: Batman Win


Brand : Iron Man Menang


Batman memang menempatkan berbagai simbolnya pada semua benda ataupun orang. Setelah semua properti yang sudah dibuat, tidak boleh ada yang memakai semua gadget atau properti yang dia miliki oleh orang lain. Berbeda dengan Tony Stark. Dia membuat berbagai barang dan mengirimkan barang tersebut kepada siapa saja yang mau membayar. Bahkan Tony juga meyakinkan para Avengers membangun markas besarnya di Stark Tower. Itu adalah sebuah kegiatan marketing yang sangat efektif.

Brand: Iron Man Win


Winner Overall : Iron Man


Batman adalah seorang pembasmi kriminal dan juga detektif yang sangat luar biasa dibandingkan Tony. Tapi, untuk urusan siapa superhero “bilyuner” yang lebih baik, Tony Stark mungkin sedikit lebih unggul dibandingkan Bruce Wayne. Jelas hasil ini mungkin akan menimbulkan reaksi beragam, ada yang setuju atau tidak, tapi ya namanya juga pendapat iseng, karena hasil yang pasti baru kita ketahui kalau Batman vs Iron Man saling berlomba di berbagai kompetisi, mulai dari cerdas cermat sampai tarung di UFC. Ya kan?

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.