Iron Man dan Batman adalah dua karakter comic book yang sangat populer hampir di seluruh dunia. Mereka juga adalah superhero yang tergolong “mahal” di universe masing-masing, karena mereka berdua adalah karakter superhero dengan basic manusia biasa dengan kekayaan melimpah. Selain itu juga mereka berdua sudah banyak menghasilkan pemasukan dari film-film mereka di layar lebar.

Tapi, jika kita sedikit “iseng”, mungkin pernah terlintas pertanyaan seputar persaingan mereka berdua. Siapa yang lebih pintar, siapa yang lebih jago bela diri, siapa yang lebih kaya, dan lain-lain. Nah untuk menjawab pertanyaan iseng tersebut, dengan keisengan yang terlalu hakiki, kita mencoba untuk membahas persaingan di antara dua karakter ikonik tersebut. Check this out!


Wealth


Ketika membahas kedua karakter fiksional tersebut, mungkin kita tidak akan mendapatkan angka pasti tentang seberapa banyak jumlah kekayaan mereka. Dalam ceritanya, kita hanya diberi tahu kalau mereka punya banyak uang yang melimpah. Tapi, beberapa fans mencoba untuk melakukan “tebak-tebakan” tentang kekayaan mereka berdua.

Menurut laporan dari Forbes pada 2012 lalu, Tony Stark lebih memiliki uang yang banyak dibandingkan Bruce Wayne. Hal itu membuat Tony Stark menjadi bilyuner diantara bilyuner.

Wealth: Iron Man Win


Fighting Skill


Karir superhero Tony baru dimulai sejak dia beranjak dewasa. Tapi, Batman sudah mulai berlatih menjadi seorang vigilante sejak dia berumur delapan tahun. Alasan ini yang membuat Batman menjadi superhero yang memiliki kemampuan bertarung yang lebih mumpuni dibandingkan Tony. Bukan hanya senjata dan uang, Bruce Wayne adalah seorang ahli bela diri terhebat di dunia.

Saat bertarung melawan musuh, dia sering mempraktikan berbagai gaya bertarung yang dia kuasai. pertarungan antara Batman dan Iron Man mungkin adalah lawan yang menarik, tapi kalau urusan dibalik kostum atau armor, Bruce Wayne bisa mengalahkan Tony.

Fighting Skill: Batman Win


Weapons


Untuk urusan bela diri atau pertarungan jarak dekat, Batman menjadi pemenangnya. Tapi kalau urusan menciptakan senjata untuk mengalahkan robot, musuh luar angkasa, atau berbagai musuh yang di luar kemampuan manusia biasa, Iron Man lebih unggul dibandingkan Batman. Tapi, bukan berarti berbagai peralatan Batman kurang bagus atau kurang mengagumkan. Buktinya, dia menciptakan Armor untuk bertarung melawan Superman.

Weapons: Iron Man Win


Villains


Seorang superhero dengan kekayaan melimpah pastinya memiliki petualangan yang “melimpah” juga. Iron Man memiliki beberapa nama villain yang kurang begitu mendapat sorotan seperti Whiplash atau Mandarin. Mereka memang memberikan “tantangan” untuk Tony, tapi mungkin mereka tidak bisa segila Joker. Musuh-musuh Iron Man juga bisa dibilang tidak mencapai “level” para musuh Batman seperti Deadshot atau Harley Quinn. Intinya, berbagai galeri musuh Batman adalah villain yang sangat ikonik baik di layar lebar ataupun di industri komik.

Villains: Batman Win

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2: