Nightwing dan Harley Quinn mungkin memulai “hubungan” mereka dengan buruk tapi, dalam beberapa kesempatan hubungan mereka tersebut bisa terjalin dengan sempurna, bahkan sampai menikah. Sayangnya, Dick Grayson meninggal saat memberantas kejahatan. Hubungan romansa antra Dick Grayson dan Dr. Harleen Quinzel bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya juga pernah ada cerita tentang hubungan keduanya, entah sebagai lelucon atau memang ada dalam komiknya.

DC sempat menimbulkan kontroversi beberapa waktu kemarin ketika film animasinya memperlihatkan adegan “dewasa” dari keduanya. Hal tersebut terjadi di masa depan dalam cerita DC di komik Old Lady Harley #2.


Dick Grayson, Mantan Suami Harley Quinn


Fakta tentang suami masa depan dari Harley Quinn tersebut berada di salah satu halaman dari komik Old Lady Harley #2, komik yang memberikan penghormatan kepada Old Man Logan. Dari sisi ceritanya pun memang tidak terlalu jauh dari Old Man Logan. Ceritanya bermula saat Harley berhasil membunuh The Penguin. Ceritanya kemudian melompat ke tiga dekade berikutnya. Dunia pun hancur dan kota-kota juga hancur, begitu juga dengan cerita romantis Harley.

Gotham adalah satu-satunya kota yang selamat dari kehancuran tersebut, Berkat pasukan Bat-Robots milik Batman. Harley kemudian mencari tahu apa yang menjadi motivasi Batman saat ini, ketika Bruce duduk terdiam sambil melihat sebuah lemari trofi yang berisi kostum dari Nightwing. Harley percaya apa yang dilakukan Batman tersebut merupakan respon dari kematian Nightwing, mantan suaminya.

Meskipun hal tersebut merupakan konfirmasi pertama dari hubungan Harley Quinn dan Nightwing, Frank Tieri, penulis komik tersebut, pernah mereferensikan hubungan mereka di komik Harley Quinn #42. Dalam edisi tersebut ide tentang Old Lady Harley muncul. Dan di edisi itu pula yang menjadi tempat pertama dimana terungkap bahwa Harley menukar pengantinnya dengan Dick Grayson. Lini masa di masa depan dari DC Universe tersebut juga tetap menjaga pernikahan antara Harley Quinn dan Poison Ivy tetap berada dalam cerita tersebut.


Saat Harley Quinn Dan Nightwing Tidur Bersama


Di tahun 2017 lalu, film animasi Batman and Harley Quinn kembali mempertemukan tiga karakter utama tersebut. Meskipun Dick Grayson versi film tersebut digambarkan sebagai orang yang kikuk dan polos, dan kemudian dia diikat di kasur bersama Harley, hal tersebut dirasa kurang pas oleh para penggemar. Alasan utamanya adalah dalam seri animasi tersebut Harley Quinn adalah seorang wanita dewasa.

Berbeda dengan dick yang bisa dibilang masih seorang lelaki yang masih dalam masa puber. Namun, berkat “ketidak pastian” dari umur dan lini masa karakter dari buku komik, hal tersebut bisa ditutupi.


Hubungan Keduanya Adalah Hubungan Yang Cocok


Ada jaminan pastinya para penggemar dari buku komik DC, membayangkan jika Dick akan memiliki hubungan yang spesial dengan Barbara Gordon alias Batgirl dibandingkan dengan yang lainnya. Lagi pula, Dick Grayson dan Barbara Gordon memiliki hubungan yang putus-nyambung. Buat para penggemar yang lebih memilih hal tersebut, pastinya hubungan antara Dick dan Harley hanya merupakan lelucon saja.

Tapi, dengan mengungkapkan bahwa Nightwing terbunuh saat melakukan tugasnya di masa depan DC, memperlihatkan bahwa penulis mencoba untuk merubah keadaannya. Pernikahannya dengan Nightwing merupakan pernikahan yang paling menjanjikan diantara yang lainnya. Asumsi pertamanya adalah jika Harley dan Dick akan menghakhiri hidupnya bersama, maka pasti keduanya akan melakukannya secara heroik. Jadi, jika akhir pernikahan mereka bisa dijelaskan melalui kematian Dick, maka mungkin Dick dan Harley mendapatkan cerita akhir yang bahagia. Misteri baru akan terungkap saat seri Old Lady Harley berakhir.