Bagi kamu penggemar anime Jepang pastinya tak asing lagi dengan salah satu anime legendaris karya Katsuhiro Otomo yang berlatar tempat di dystopia Neo-Tokyo pada tahun 2019, apalagi kalau bukan Akira. Seperti yang kamu ketahui bahwa Akira menceritakan tentang seorang pemimpin gang motor remaja yang mencoba menyelamatkan teman baiknya dari kejaran militer ketika kekuatan telekinesisnya muncul. Dengan menyuguhkan intrik-intrik polik, permasalah sosial, dan drama remaja membuat anime yang dirilis tahun 1988 mendapat banyak peminat. Kepopuler Akira tentunya didengar oleh para pelaku industri film Hollywood, salah satunya adalah sutradara Thor : Ragnarok, Taika Waititi yang saat ini masih mengerjakan proyek film live action Akira.

Beberapa waktu lalu sudah dipastikan bahwa Taika Waititi akan menggarap film Akira. Dalam sebuah wawancara dengan majalah Dazed, ia memberi update terbaru mengenai proyek film terbarunya ini, ia mejelaskan bahwa nampaknya film ini masih bisa dikatakan masih “mentah” dan Waititi juga kembali menegaskan bahwa versi yang diadaptasi adalah Akira versi buku manga, bukan anime. “saya belum benar-benar memulai memusatkan kepala saya ke film ini. apa yang saya ingin lakukan adalah sebuah sebuah adaptasi dari bukunya, karena banyak orang-orang yang menyatakan, ‘jangan sentuh filmnya!” dan saya berkata, ‘saya tidak membuat kembali filmnya, saya ingin kembali ke bukunya.’ Banyak orang-orang yang mengeluh belum membaca bukunya dan ada enam buku yang harus dibaca dam ini sangat kaya. Tapi (anime) Akira adalah salah satu film favorit saya. Ibu saya mengajak untuk menonton film ini ketika saya berumur 13 tahun dan itu mengubah hidup saya.” Ujar Taika Waititi dalam wawancaranya.

Anime Akira merupakan sebuah groundbreaking bagi anime untuk menjadi popular di Hollywood, Warner Bros telah mengembangkan live-action ini sejak 2002 lalu, namun nampaknya mereka menemukan banyak sekali kendala sehingga tertunda dalam kurun waktu yang lama. Berbagai sutradara telah mengembangkan berbagai macam pandangan dari film ini, seperti Hughes brothers dan Jaume Collet-Serra. Film adaptasi ini berubah rencana yang awalnya akan dibuat menjadi dua bagian, dirubah menjadi versi film yang “ramah” ongkos produksi yang akan dibintangi oleh Kristen Stewart dan Gary Oldman dan rencana tersebut gagal selama pra produksi.

MUST READ : LIVE-ACTION AKIRA MELIBATKAN ‘TIM KREATIF’ THE PREDATOR

Sepertinya lewat tangan dingin Taika Waititi, live-action Akira sepertinya bisa dipastikan bahwa film ini akan benar-benar akan terjadi dan menjadi salah satu film adaptasi Jepang yang masuk Industri Hollywood disamping Ghost in The Shell dan Death Note. Kabarnya live-action Akira ini akan bersetting di Neo Manhattan, dimana kota Manhattan telah dibeli oleh Jepang ketika Amerika Serikat bangkrut.