Tidak lama lagi, film Sri Asih akan segera rilis. Film yang menjadi bagian dari Bumilangit Cinematic Universe (BCU) tersebut akan menampilkan berbagai aktor dan aktris beken Indonesia seperti Pevita Pearce, Ario Bayu, Christine Hakim, Jefri Nichol, Reza Rahadian, dan masih banyak lagi. Buat Geeks yang belum tahu, film Sri Asih diadaptasi dari komik berjudul sama garapan R.A. Kosasih. Filmnya menceritakan tentang perjalanan Alana (Pevita Pearce) saat menemukan takdir baru, dengan menjadi titisan Dewi Sri Asih.

Dalam film superhero, kemunculan villain menjadi hal wajib. Lantas yang menjadi pertanyaan adalah siapa villain yang dihadapi Sri Asih nanti? Salah satu villain yang bakal Sri Asih hadapi adalah Dewi Api. Lantas siapa dia? Berikut adalah fakta Dewi Api dari Bumilangit!

Asal-usul Dewi Api

Dewi Api melakukan debut di komik tahun 70-an. Saat itu, Dewi Api muncul dalam komik Nusantara Dewi Api Dari Mahameru, yang digarap penulis Matter. Dalam komik tersebut diceritakan bahwa ratusan tahun lalu, hidup wanita sakti berjuluk Dewi Api. Ketika itu, Dewi Api menebar teror dengan membakar berbagai kerajaan. Aksi Dewi Api baru berhenti setelah bertemu dengan Empu Yogaswara. Empu berhasil mengetahui kelemahan Dewi Api dan mengalahkannya.

Sadar bahwa Dewi Api tidak bisa dibunuh, Empu Yogaswara menyegel tubuh Dewi Api ke dalam peti batu, dan mengubur tubuhnya di gunung Mahameru. Suatu ketika, seorang karakter bernama Manto tanpa sengaja membangkitkan Dewi Api, setelah mencabut daun bambu di lehernya. Dewi Api kemudian berhasil membebaskan diri dari “penjara” tersebut, dan dia membuat kekacauan yang sangat besar di Bumi.

Kekuatan Dewi Api

Sesuai dengan namanya, Dewi Api memiliki kemampuan memanipulasi api dan bahkan mengeluarkan api dari mulutnya. Tak hanya mampu memanipulasi api, Dewi Api juga mampu mengeluarkan sihir dahsyat. Dengan kekuatan sihirnya, dia mampu mengubah seseorang menjadi ular. Sudah banyak yang mencoba mengalahkan dewi api, namun mereka semua harus tewas terbakar.

Sebenarnya, kekuatan Dewi Api bergantung kepada 2 benda pusakanya yaitu Naga Geni dan Sewu Agni. Bila kedua benda tersebut diambil dari Dewi Api, maka kekuatan Dewi Api akan berangsur hilang, dan dia akan mudah dikalahkan.

Memiliki Pengikut

Dewi Api memang memiliki pengikut yang sangat setia. Sebenarnya Dewi Api bisa membuat banyak pengikut, dengan cara membagikan kekuatan apinya. Namun dua pengikutnya yang paling setia dan paling kuat adalah Kabalen dan juga Shafitri. Kabalen adalah manusia sisik bermata setan, sementara Shafitri adalah wanita muda cantik. Kekuatan keduanya sebenarnya cukup mirip, di mana mereka memiliki kekuatan dahsyat dan kebal peluru. Tetapi kemampuan utama mereka sebenarnya adalah memanipulasi api, persis seperti Dewi Api. Dewi Api sengaja menciptakan para pengikutnya agar mereka bisa membangkitkan diri Dewi Api secara penuh.

Musuh Utama

Ada dua musuh utama Dewi Api di komik. Mereka adalah Empu Yogaswara dan Nusantara. Seperti yang disebutkan di atas, Empu Yogaswara pernah bertarung melawan Dewi Api. Dalam pertarungan tersebut, Empu sudah beberapa kali mengalahkan Dewi Api, tetapi Dewi Api selalu bangkit kembali. Nah setelah mengetahui kelemahan Dewi Api, Empu pada akhirnya bisa mengalahkan dan menyegelnya.

Sementara itu musuh terakhir yang pernah Dewi Api hadapi adalah Nusantara. Nusantara adalah superhero kedua terkuat di Bumilangit. Ketika Dewi Api bangkit kembali dari Mahameru dan mulai berbuat onar di Bumi, Nusantara kemudian muncul menghadangnya. Nusantara memang bisa mengalahkan Dewi Api beberapa kali, tetapi dia tidak bisa dibunuh. Beruntung karena seorang karakter bernama Manto berhasil membantu Nusantara dengan menusukkan daun bambu ke leher Dewi Api yang membuatnya meleleh.

Sebenarnya nih Geeks, dalam komik, Sri Asih dan Dewi Api tidak pernah dipertemukan. Tetapi BCU mungkin akan menghadirkan cerita yang sama sekali baru, di mana Dewi Api akan berhadapan dengan Sri Asih.

Pemeran Dewi Api di BCU

Dalam peluncuran karakter jagat sinema bumilangit jilid 1 pada tahun 2019, Dian Sastrowardoyo terpilih sebagai pemeran Dewi Api. Tetapi masih belum diketahui seperti apa penampilan Dian Sastro saat memerankan karakter tersebut. Ketika nama Dewi Api disebutkan dalam trailer Sri Asih, dia sama sekali tidak muncul. Mungkin Bumilangit sengaja tidak menghadirkannya di trailer, untuk membuat penggemar terkejut. Ini memang bukan kali pertama Dian Sastro terlibat dalam berbagai film aksi. Namun dia sangat bersemangat memerankan Dewi Api karena karakternya diangkat dari komik klasik Indonesia.

Itulah dia Geeks beberapa fakta menarik tentang karakter Dewi Api. Walau hanya muncul satu kali saja di komik, tetapi Dewi Api menjadi salah satu villain yang paling dikenang, mengingat kekuatannya yang dahsyat. Kita tunggu aja ya Geeks penampilannya nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/