Michael Bay adalah salah satu sineas yang namanya sangat terkenal di industri perfilman Hollywood. Dan salah satu karya yang telah melambungkan namanya adalah film Transformers yang dirilis pada tahun 2007 silam. Berkat kesuksesan film yang diadaptasi dari mainan dan serial animasi berjudul sama tersebut, Bay pada akhirnya mengembangkan waralaba Transformers dengan berbagai sekuel, termasuk Transformers: Revenge of the Fallen (2009) dan Transformers: Dark of the Moon (2011).

Meskipun pada saat itu Bay sempat akan berhenti setelah film Transformers ketiganya, pada akhirnya dia setuju untuk melanjutkan waralabanya dengan film keempat dan kelima yang berjudul Transformers: Age of Extinction (2014) dan Transformers: The Last Knight (2017). Pada saat itu, meskipun penayangannya cukup sukses, tetapi dua film tersebut telah menuai banyak respons yang beragam dari para penggemar, di mana tidak sedikit yang mengkritik karena kualitas ceritanya yang menurun.

Dan sekarang, dalam sesi wawancara dengan Unilad untuk melakukan promosi film terbarunya yang berjudul Ambulance, Bay mengungkapkan beberapa fakta terkait alasan mengapa akhirnya dia mundur dari waralaba Transformers setelah menyelesaikan film kelimanya. Bay mengatakan bahwa sebenarnya sutradara veteran Steven Spielberg pernah memintanya untuk berhenti setelah film ketiga Transformers, tetapi studio Paramount meminta untuk melanjutkan waralabanya dengan film keempat dan kelima.

“Saya membuat terlalu banyak untuk waralabanya. Steven Spielberg pernah mengatakan, ‘berhenti saja di film ketiga’. Dan saya sempat mengatakan kepada diri saya untuk berhenti,” ungkap Bay. “Tetapi studio [Paramount] meminta saya untuk mengerjakan film keempat, di mana filmnya berhasil meraup keuntungan yang mencapai satu miliar dolar. Dan ketika saya kembali mengatakan untuk berhenti, mereka kembali meminta untuk melakukannya lagi. Seharusnya saya berhenti sejak lama. Walaupun begitu, menurut saya kelima filmnya tetap menyenangkan untuk dilakukan.”

Meskipun film Transformers karya Bay mendapatkan banyak kritikan dari para penggemar dan kritikus, tetapi tidak bisa dimungkiri bahwa hampir semua filmnya telah sukses di bioskop seluruh dunia. Bahkan saat Bay mundur dari waralabanya, Transformers tetap dilanjutkan dengan film Bumblebee dan sekarang Paramount tengah menggarap film ketujuhnya yang berjudul Transformers: Rise of the Beasts bersama sutradara Steven Caple Jr. Film terbaru Bay sendiri yang berjudul Ambulance, rencananya akan dirilis di Amerika pada 8 April 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.