Dirilis pertama kali pada tahun 2005, God of War adalah waralaba video game populer yang mengekplorasi kisah petualangan seorang mantan pasukan spartan bernama Kratos yang pada akhirnya menjadi Dewa Perang Yunani. Game yang diciptakan oleh Santa Monica Studio ini dirilis secara eksklusif untuk Playstation dan bisa dibilang sangat sukses di pasaran. Dan hal tersebut pada akhirnya membuat banyak perusahaan film Hollywood mengincar God of War untuk mengadaptasi kisahnya menjadi tayangan live-action.

Pada tahun 2012 silam, Universal sempat mengumumkan bahwa mereka akan mengadaptasi kisah God of War menjadi sebuah film layar lebar. Meskipun pada saat itu mereka telah menunjuk tim penulis Pacific Rim (2013), tetapi pada akhir tahun 2021 lalu Universal kembali mengumumkan bahwa mereka kesulitan untuk mengadaptasi kisahnya dan menegaskan bahwa sejauh ini tidak ada proyek terkait God of War yang sedang mereka kembangkan. Sampai akhirnya, baru-baru ini, ada studio lain yang berencana untuk mengambil alih tayangan adaptasi dari video game populer tersebut.

Berdasarkan laporan terbaru dari Deadline, Amazon Prime Video tengah mengincar God of War untuk mengadaptasi kisahnya menjadi tayangan serial. Kabarnya saat ini Amazon dan Sony, selaku penerbit waralaba game tersebut, tengah melakukan negosiasi terkait rencana serialnya. Sejauh ini masih belum diketahui apakah negosiasinya telah final atau belum, yang jelas ide tentang serial God of War kabarnya datang dari pencipta serial The Expanse, Mark Fergus dan Hawk Ostby, bersama showrunner The Wheel of Time, Rafe Judkins.

Jika negosiasinya rampung, God of War sendiri bukan adaptasi game pertama yang akan dikembangkan oleh Amazon Studios. Karena saat ini mereka juga tengah mengembangkan serial adaptasi lain dari game Fallout dan Mass Effect. Upaya Amazon dalam mengadaptasi banyak video game ini kemungkinan dilakukan dalam rangka untuk mengantisipasi persaingan antara layangan streaming di seluruh dunia. Sejauh ini Paramount+ juga tengah bersiap untuk merilis serial Halo, begitu juga dengan Netflix yang saat ini dikabarkan sedang mengembangkan tayangan Resident Evil, Far Cry, dan Cyberpunk 2077.

Belum diketahui kisah God of War mana yang akan diadaptasi oleh Amazon nanti, mengingat sejauh ini sudah ada total tujuh game, termasuk yang berfokus pada mitologi dewa Yunani seperti God of War (2005), God of War II (2007), GoW: Chains of Olympus (2008), God of War III (2010), GoW: Ghost of Sparta (2010), GoW: Ascension (2013), dan yang terbaru yaitu God of War (2018) yang mengekplorasi mitologi dewa Nordik. Karena saat masih dalam tahap negosiasi, kita nantikan saja perkembangan selanjutnya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.