Season 1 dari series populer Shogun akhirnya selesai di episode 10 dan terdapat penjelasan mengenai ending yang membuat para fans terkesima. Shogun menjadi series yang saat ini menjadi perbincangan banyak fans berkat alur cerita yang sangat fenomenal. Bahkan, di berbagai situs rating film Shogun mendapatkan nilai yang hampir sempurna. Season 1 sendiri selesai dengan perilisan episode 10 dan berikut adalah penjelasan dari ending ceritanya.

2Crimson Sky Alias Langit Merah

Meskipun di ending ceritanya Toranaga akhirnya berhasil meraih kemenangan, namun ada banyak hal yang harus Toranaga korbankan. Contohnya adalah kematian dari Toda Hiromatsu, yang merupakan sahabat sekaligus sekutu dekat dari Toranaga, dan kematian dari penerjemah Toranaga yaitu Toda Mariko yang terjadi di episode 9 kemarin.

Kematian Mariko di Istana Osaka juga membawa kekacauan bagi kekuasan Ishido di sana. Pasalnya, para Daimyo mulai menyadari bahwa mereka sebenarnya menjadi tahanan dari Ishido. Tanpa adanya dukungan dari beberapa penguasa paling berpengaru di wilayah tersebut, ditambah dengan adanya konflik internal di dalam tubuh Council of Regents, Ishido dibuat semakin melemah pasca pengorbanan besar Mariko. Terungkap pula dalam percakapan dengan Yabushige bahwa semua hal yang terjadi adalah bagian dari Crimson Sky alias Langit Merah yang direncanakan oleh Toranaga.

Tidak main-main, kematian dari Lady Mariko juga nyatanya memberikan pengaruh besar bagi Ochiba-no-Kata. Hal ini karena mereka berdua sebenarnya tumbuh sebagai sepasang saudara. Namun, keduanya kemudian harus terpisah akibat keadaan yang ada. Kematian dari Mariko pada akhirnya membuat Ochiba-no-Kata berpikir ulang tentang keinginannya untuk berperang di kubu Ishido.

Adegan di mana Ochiba-no-kata membaca puisi milik Mariko kepada putranya menunjukan bagaimana kematian Mariko benar-benar menghadirkan dampak yang sangat besar bagi ibu dari sang pewaris. Ochiba-no-kata pun menyadari bahwa berperang dengan Toranaga merupakan sebuah tindakan yang tidak seimbang apalagi jika harus mempertaruhkan nyawa dari putranya sang pewatis Taiko. Di sisi lain, kekuasaan dari Ishido pun sudah mulai melemah dan kesempatan menangnya sangat tipis.

Akhirnya, Ochiba memihak pada Torinaga. Kekuatan perang dari pasukan pewaris akan ia tahan hingga pasukan Torinaga bisa melawan pasukan Ishido dengan seimbang. Tentu dengan adanya keberpihakan sang pewaris kekuasaan, Toranaga pun bisa dengan mudah untuk memenangkan pertempuran, yang tanpa Ishido sadari sebenarnya dia sudah kalah.

Nasib Dari John Blackthorne – Ke Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.