Meskipun beberapa anime yang penuh dengan fan service dianggap tidak pernah memiliki cerita menarik, beberapa diantaranya ada juga yang memiliki cerita terbaik. Bagi para penggemar anime istilah fan service tentunya sudah bukan hal yang asing di telinga. Banyak series anime yang menjual fan service untuk menaikan popularitasnya dan mengorbankan cerita yang kurang menarik. Namun, ada beberapa series anime yang selain menghadirkan fan service juga menghadirkan cerita yang menarik. Apa saja?

10Ghost In The Shell

Anime penuh fan service dengan alur cerita terbaik pertama adalah Ghost in the Shell. Ini merupakan sebuah series anime bertema cyberpunk yang paling ikonik sepanjang masa. Ceritanya berlatar di dunia yang penuh dengan teknologi canggih, di mana manusia dapat menggantikan tubuh mereka dengan mesin atau bagian tubuh robot. Motoko Kusanagi dan timnya dari Section 9 berusaha mengungkap berbagai kasus kriminal yang melibatkan teknologi canggih.

Motoko Kusanagi sendiri adalah manusia yang sebagian besar tubuhnya adalah merupakan teknologi robot atau anggota tubuh buatan. Cerita ini menggali pertanyaan tentang identitas, teknologi, dan moralitas. Dalam perjalanan mereka, tim Section 9 harus menghadapi berbagai kasus yang seringkali mengungkap konspirasi pemerintah dan penggunaan teknologi untuk tujuan jahat.

Sudah sejak lama anime Ghost in the Shell, baik seriesnya ataupun filmnya, dianggap sering menghadirkan unsur seksualitas. Hal ini terlihat dari desain beberapa karakter wanitanya, bahkan termasuk Motoko Kusanagi sendiri. Bahkan, tidak sedikit orang yang menganggap jika Ghost in the Shell hanya menjual unsur sensual dan seksual dari para karakternya yang sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.