Beberapa film sejarah diakui sangat akurat dari apa yang mereka hadirkan dalam ceritanya menurut pendapat para ahli di dunia nyata. Menghadirkan film period atau perang sejarah tentunya butuh upaya yang besar, salah satunya adalah riset. Hal ini untuk memastikan tidak ada pembelokan fakta yang terjadi, meskipun ada beberapa hal yang pasti berubah demi kepentingan gambar. Namun, yang menarik, beberapa film sejarah diakui sangat akurat menurut para ahli di dunia nyata. Apa saja?

1The Northman

Film sejarah paling akurat yang terakhir adalah The Northman. Ini merupakan film yang dibintang oleh Alexander Skarsgard yang berperan sebagai Amleth, seorang pangeran dari sebuah klan Viking yang sangat dibenci oleh klannya. Setelah ayahnya tewas terbunuh oleh sang paman, Fjolnir, dalam sebuah kudeta, Amleth memutuskan untuk kabur dan bersumpah untuk membalas dendam terhadap siapapun yang sudah menghancurkan hidupnya, termasuk sang paman.

Amleth kemudian bergabung dengan sebuah klan baru dan bertarung bersama mereka. Dia begitu beringas dan sangat diandalkan oleh klan tersebut sampai suatu ketika takdir mempertemukan antara Amleth dan sang paman. Amleth memiliki kesempatan untuk menghabisi sang paman dan menyelamatkan ibunya. Fjolnir the Brotherless sudah tidak lagi berkuasa, di mana dia saat itu sudah menjadi seorang petani biasa.

Dia pun kemudian menyamar menjadi budak demi bisa menyusup ke peternakan sang paman dan menghabisi nyawanya. The Northman dianggap sebagai salah satu film atau media yang menghadirkan mitologi Nordik, seperti kisah Viking, dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari berbagai ritual mengerikan, berbagai makhluk mistis, dan sebagainya. Ahli sejarah David M. Perry menyebutkan jika The Northman berhasil menyuguhkan berbagai hal yang sesuai dengan apa yang ada di litenatur Nordik. Mulai dari mitologi, struktur politik, pakaian, bangunan, bahkan hingga benda milik orang-orang.

Film sejarah atau bertema sejarah atau yang diadaptasi dari sejarah tentunya bisa jadi sebuah film yang menarik sekaligus bisa menjadi media untuk memperkenalkan sejarah tersebut dengan cara yang menarik. Sebagian besar materinya tentu sudah dirubah dan disesuaikan. Namun, ada juga beberapa hal yang tetap dipertahankan dan coba untuk disuguhkan sesuai dengan apa adanya.

Berikutnya
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.