Tidak selamanya film mockbuster atau film tiruan dari blockbuster memiliki kualitas buruk, karena beberapa diantaranya layak tonton. Kesuksesan dan popularitas sebuah film blockbuster tidak jarang membuat pihak lain berusaha untuk menirukan kesuksesan tersebut. Caranya adalah dengan membuat film tiruannya. Terkenal dengan sebutan mockbuster, ada banyak film yang termasuk kategori ini. Meskipun mayoritas film tiruan blockbuster itu buruk, namun sebagian lainnya layak tonton.

10Piranha

Film tiruan blockbuster layak tonton yang pertama adalah Piranha. Rilis pada 1978, film Piranha merupakan tiruan dari film populer karya Steven Spielberg yaitu Jaws. Bisa dibilang, Piranha benar-benar meniru hampir seluruh aspek dari film Jaws. Hanya saja film ini mengganti karakter ikan hiu dengan piranha. Hal ini bisa kita lihat dari desain posternya yang mirip dengan poster Jaws hingga premisnya.

Geeks yang menonton film ini pastinya akan tidak asing dengan premis yang film Piranha hadirkan. Satu hal yang membedakan film Piranha dengan Jaws dari segi premis adalah settingnya. Jika dalam film Jaws kita melihat sekelompok hiu yang lepas dan berkeliaran bebas di pantai yang banyak pengunjung, maka di film Piranha ceritanya berfokus pada sebuah tragedi yang membuat ribuan piranha hybrid lepas ke sungai.

Parahnya, sungai yang menjadi tempat piranha tersebut berada lokasinya berada di samping sebuah perkemahan anak-anak. Meskipun film tiruan, namun sebagian pihak berpendapat bahwa Piranha mampu menghadirkan teror dan nuansa yang sama seperti halnya Jaws. Pemilih ikan Piranha sebagai pengganti hiu juga dianggap masuk akal dan cerdas. Bahkan, terlepas dari statusnya sebagai film tiruan blockbuster Jaws, Piranha bisa jadi film horor sukses tersendiri.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.