Pedang legendaris Shusui merupakan benda sakral yang dianggap sebagai pelindung wilayah Wano dari berbagai ancaman, termasuk kutukan Gorosei Nusjuro. Dalam cerita One Piece terdapat beberapa pedang yang dianggap legendaris. Misalnya Yoru yang merupakan pedang hitam milik Dracule Mihawk. Namun, pedang legendaris yang memiliki sejarah panjang apalagi bagi sebuah wilayah adalah Shusui. Yang menarik terdapat sebuah teori yang menyebutkan jika Shusui merupakan pedang legendaris yang bukan hanya melindungi Wano dari ancaman melainkan juga dari kutukan Gorosei Nusjuro.

4Sejarah Pedang Shusui

Shusui merupakan Black Blade atau pedang hitam yang muncul selanjutnya dalam cerita One Piece pasca Yoru. Pedang Hitam ini pertama kali muncul dalam alur cerita Thriller Bark, di mana pada saat itu Roronoa Zoro bertemu dengan zombie dari dewa pedang asal Wano yaitu Ryuma. Keduanya kemudian saling bertarung, yang mana kemudian pertarungannya berhasil dimenangkan oleh Zoro.

Zombie Ryuma saat itu kemudian sangat senang dengan Zoro dan mengatakan jika pedang Shusui akan senang dengan pemilik barunya tersebut. Meskipun begitu, fakta mengejutkan kemudian muncul di mana ternyata Shusui bukan hanya pedang yang digunakan oleh Ryuma. Shusui merupakan pedang yang menjadi harta karun bagi penduduk di Wano di mana pedang tersebut dianggap sebagai sebuah artefak atau benda sakral.

Mengetahui jika Shusui ada di tangan Zoro, Kozuki Hiyori kemudian melakukan penawaran kepada Zoro. Hiyori meminta Zoro untuk melepaskan pedang Shusui dan sebagai gantinya dia akan memberikan salah satu pedang milik Kozuki Oden yang diwariskan kepadanya yaitu pedang Enma. Menurut informasinya, pedang ini digunakan oleh Ryuma untuk melindungi negara Wano.

Kedahsyatan pedang Shusui pernah beberapa kali diperlihatkan, misalnya ketika Zoro menghancurkan sebuah kapal dengan hanya satu tebasan. Contoh lainnya adalah ketika dia menggunakan pedang ini dalam menghadapi Pica. Juga saat Zoro menggunakannya untuk menghadapi Oars. Meskipun bukan bagian dari cerita canon, Shusui adalah pedang yang digunakan oleh Ryuma untuk menghabisi seekor naga pada zaman dahulu.

Di sisi lain, menurut ceritanya pedang Shusui merupakan benda yang sakral yang dianggap sebagai pelindung Wano dari berbagai marabahaya. Pasca pedang Shusui dicuri dari makam Ryuma, Wano kemudian mendapatkan ancaman besar dan kesialan. Contohnya adalah bagaimana Kaido datang dan menguasai wilayah tersebut selama 20 tahun yang mana banyak memunculkan penderitaan tiada akhir.

Gorosei Pembawa Bencana – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.