Kung Fu merupakan seni bela diri yang sangat populer terutama di dunia film dan ada beberapa film Kung Fu terbaik. Film aksi di era 1970an hingga 1990an, terutama di wilayah Asia, sering kali menghadirkan berbagai aksi dari seni bela diri Kung Fu. Ini yang kemudian membuat Kung Fu kemudian populer di Hollywood dan industri perfilman lain. Terdapat beberapa film yang dianggap sebagai film Kung Fu terbaik.

10The Grandmaster

Film kung fu terbaik yang pertama adalah The Grandmaster. Geeks mungkin mengenal sosok aktor legendaris Bruce Lee. Dia merupakan aktor sekaligus ahli bela diri yang sangat populer. Namun, sebelum dia sukses dan menjadi salah satu ahli bela diri dia sempat mendapatkan latihan dari sosok gurunya yang terkenal dengan nama Ip Man. The Grandmaster coba untuk mengangkat sosok tersebut.

Disutradarai oleh Wong Kar-wai, yang terkenal karena kualitas visualnya yang luar biasa, The Grandmaster menghadirkan adegan demi adegan yang dia hadirkan secara indah. Sang sutradara dianggap berhasil untuk menghadirkan momen pertarungan Kung Fu dengan menarik secara visual, sinematografi, dan juga dari musiknya. Film ini sendiri dibintangi oleh banyak nama-nama besar Asia.

Contohnya adalah Zhang Ziyi, Tony Leung, dan Zhang Jin. Film The Grandmaster sendiri menghadirkan cerita tentang sosok Ip Man yang terkenal sebagai guru atau mentor dari Bruce Lee. Koreografi yang dihadirkan sangat indah yang dipadukan dengan penampilan luar biasa di depan kamera. Film ini sempat mengalami banyak sekali kendala yang membuat prose produksinya berjalan sangat lama. Meskipun begitu, hasilnya sangat luar biasa dan jadi salah satu film kung fu terbaik di era modern.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.