Karena beberapa alasan beberapa film Indonesia ini dilarang tayang di negara sendiri, yang mana membuat filmnya tidak banyak terdengar. Kreativitas sineas Indonesia masih terus memperlihatkan perkembangannya sejak lama. Meskipun industri film Indonesia sempat lesu, namun perlahan di era tahun 2000an film Indonesia kembali bangkit. Yang menarik adalah karena beberapa alasan beberapa film Indonesia ini dilarang tayang di bioskop. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

9Pocong

Film Indonesia yang dilarang tayang di bioskop yang pertama adalah Pocong. Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia terkenal sebagai surganya film horor. Sejak era 1980an hingga sekarang, tidak terhitung sudah berapa banyak film horor yang muncul di industri perfilman Indonesia. Meskipun begitu, terdaoat sebuah film horor sempat dilarang tayang di bioskop yaitu Pocong.

Film Pocong sendiri disutradarai oleh Rudy Soedjarwo dan naskah filmnya ditulis oleh Monty Tiwa. Selain membintangi Shally Tria Amanda, filmnya juga dibintangi oleh Ronaldi Kansil dan Eddie Karsito. Filmnya sendiri sebenarnya dijadwalkan tayang pada 2006 silam. Namun, setelah filmnya diperiksa oleh Lembaga Sensor Film akhirnya muncul keputusan jika film ini dilarang tayang di bioskop.

Salah satu alasannya adalah karena dalam film tersebut terdapat adegan yang menyangkut SARA dan budaya. Dalam hal ini, filmnya menghadirkan kerusuhan pada 1998 silam. Meskipun begitu, yang menarik beberapa tahun kemudian sempat muncul Pocong 2 yang mana hal ini baru pertama kali di Indonesia sebuah film sekuel rilis tanpa film pertamanya. Kemudian di tahun 2019 muncul film Pocong the Origin, yang mana film ini sebenarnya merupakan film Pocong dengan adegan kerusuhan 1998 yang sudah dihilangkan.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.