Karena beberapa alasan beberapa film Indonesia ini dilarang tayang di negara sendiri, yang mana membuat filmnya tidak banyak terdengar. Kreativitas sineas Indonesia masih terus memperlihatkan perkembangannya sejak lama. Meskipun industri film Indonesia sempat lesu, namun perlahan di era tahun 2000an film Indonesia kembali bangkit. Yang menarik adalah karena beberapa alasan beberapa film Indonesia ini dilarang tayang di bioskop. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

8Something In The Way

Reza Rahadian merupakan aktor yang multitalenta di mana hampir banyak film selalu dihiasi oleh wajahnya. Misalnya Habibie & Ainun, Rudy Habibie, dan yang paling baru adalah Pasutri Gaje. Namun, dalam karirnya sebagai aktor terdapat satu film yang Reza Rahadian bintang yang sempat dilarang tayang di bioskop yaitu Something In the Way. Film garapan dari Teddy Soeriaatmadja ini sempat menjadi sorotan.

Sang sutradara sendiri menyabet sebagai sutradara terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2006 dan 2009. Something In The Way memang sengaja tidak tayang di bioskop Indonesia. Hal ini karena filmnya mengangkat tema seksualitas, agama, dan kemunafikan yang menggunakan visualisasi yang agak vulgar. Teddy menyadari jika filmnya akan dilarang tayang dan dicekal oleh LSF.

Film ini sendiri berkisah tentang Ahmad yang digambarkan sebagai sosok alim tapi gemar menonton video porno dan melakukan masturbasi. Tetangganya, Kinar, yang bekerja sebagai pekerja seks komersial membuatnya jatuh hati. Ahmad pun melakukan berbagai hal agar Kinar bisa lepas dari cengkeraman mucikari yang membuatnya harus terus menjadi pekerja seks. Film ini sukses meraih penghargaan bergensi di luar negeri.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.