Industri film Indonesia memiliki beberapa film yang luar biasa di mana budget produksinya dianggap sebagai yang termahal. Industri film Indonesia memang mengalami kemajuan dalam beberapa dekade terakhir ini. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa proyek film yang menjalin kerja sama dengan negara lain. Di sisi lain, bukti kesuksesan dari film tersebut adalah bagaimana rumah produksi berani mengadirkan budget besar. Berikut adalah film Indonesia dengan Budget termahal.

9Gundala – 30 Miliar Rupiah

Gundala merupakan film superhero pertama di Indonesia yang menjadi bagian dari sebuah jagat sinematik, yaitu Bumilangit Cinematic Universe. Film Gundala sendiri diadaptasi dari karakter komik Indonesia terkenal, Gundala, yang diciptakan oleh Hasmi pada tahun 1969. Disutradarai oleh Joko Anwar, film ini dibintangi beberapa nama besar seperti Abimana Aryasatya, yang memerankan karakter Gundala, serta Tara Basro, Bront Palarae, dan Ario Bayu.

Gundala sendiri menghadirkan cerita tentang Sancaka, seorang anak yatim piatu yang tumbuh besar di tengah kemiskinan di kota Jakarta. Namun, kehidupannya berubah drastis setelah dia tidak sengaja mendapatkan kekuatan super setelah tersambar petir. Kekuatan super yang dimiliki oleh Sancaka memberinya kemampuan untuk mengeluarkan petir yang luar biasa.

Dengan kekuatan barunya tersebut Sancaka memutuskan untuk melawan kejahatan dan korupsi yang merajalela di kotanya. Dia kemudian menggunakan identits Gundala sebagai alter egonya dan mulai menantang para penjahat dengan keadilan dan kekuatan yang dimilikinya. Film yang diproduksi oleh Screenplay Films dan Bumilangit Studios ini ternyata menghabiskan anggaran mencapai 30 miliar Rupiah yang digunakan sebagian besar untuk menghadirkan efek visual yang apik.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.