Industri film Indonesia memiliki beberapa film yang luar biasa di mana budget produksinya dianggap sebagai yang termahal. Industri film Indonesia memang mengalami kemajuan dalam beberapa dekade terakhir ini. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa proyek film yang menjalin kerja sama dengan negara lain. Di sisi lain, bukti kesuksesan dari film tersebut adalah bagaimana rumah produksi berani mengadirkan budget besar. Berikut adalah film Indonesia dengan Budget termahal.

8Ada Artinya Cinta? – 30 Milliar Rupiah

Film Indonesia dengan budget Termahal selanjutnya adalah Apa Artinya Cinta? yang merupakan produksi Sunil Soraya. Rilis pada 2005, film ini dibintangi oleh dua nama besar aktor Indonesia yaitu Shandy Aulia dan Samuel rizal. Sederet bintang lainnya juga muncul dan ikut berperan dalam film ini. Ada Artinya Cinta? sendiri menjadi salah satu film yang jadi bukti kebangkitan film Indonesia di era awal 2000an.

Selain itu, Apa Artinya Cinta? merupakan film sekuel dari Eiffel I’m In Love yang rilis pada 2003 yang juga sama-sama sukses. Filmnya sendiri masih bercerita tentang kelanjutan hubungan asmara antara Adit dan Tita pada film sebelumnya. Chemistry yang memang sangat luar biasa antara Shandy Aulia dan Samuel Rizal memang tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, ini yang jadi sorotan utama dan alasan mengapa filmnya populer.

Ada Artinya Cinta? kabarnya buruh budget sebesar 30 miliar Rupiah. Film ini memakan biaya sangat tinggi karena mengambil lokasi syuting di San Fransisco, Amerika Serikat. Meskipun begitu, budget yang luar biasa tersebut bisa dibilang sebanding dengan hasilnya karena film ini berhasil meraup 2 juta penonton dan bertahan selama enam bulan di bioskop seluruh Indonesia. Bahkan, kesuksesan ini juga membuat Apa Artinya Cinta masuk dalam daftar film Indonesia sebagai salah satu film terlaris sepanjang masa.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.