Industri film Indonesia memiliki beberapa film yang luar biasa di mana budget produksinya dianggap sebagai yang termahal. Industri film Indonesia memang mengalami kemajuan dalam beberapa dekade terakhir ini. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa proyek film yang menjalin kerja sama dengan negara lain. Di sisi lain, bukti kesuksesan dari film tersebut adalah bagaimana rumah produksi berani mengadirkan budget besar. Berikut adalah film Indonesia dengan Budget termahal.

10The Raid

Film Indonesia dengan budget Termahal pertama adalah The Raid. Seperti yang Geeks ketahui, The Raid menjadi film Indonesia tersukses dalam sejarah dan mendorong ketertarikan pada bela diri Pencak Silat. Di sisi lain, film ini sekaligus membuat beberapa aktor seperti Iko Uwais, Yayan Ruyihan, Cecep Arif Rahman, dan Joe Taslim, meraih popularitas di Hollywood.

Sejumlah kritik menyebut The Raid bahkan sebagai film laga terbaik sepanjang masa. Beberapa hal yang banyak dipuji dari film ini adalah aksi bela diri mendetail yang ditampilkan dan banyaknya jumlah aktor menjadikannya populer di kalangan para penggemar. Menurut informasinya, The Raid memakan dana produksi sebesar 1 juta Dollar Amerika atau 11 miliar Rupiah.

Namun, dengan kesuksesan yang sangat luar biasa tersebut film The Raid mampu memperoleh pemasukan 15 kali lebih besar dari box office pada 2011. Yang menarik adalah Gareth Evans sendiri mengaku bahwa sebenarnya budget tersebut dia anggap sangat terbatas sehingga hanya bisa menghadirkan cerita yang sederhana yaitu seorang polisi bernama harus berjuang masuk ke gedung yang dikontrol oleh geng kriminal.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.