Dalam sebuah cerita film menghadirkan sebuah timeskip adalah hal yang lumrah, namun beberapa masuk daftar timeskip terlama. Sebuah film biasanya menghadirkan narasi di mana sebuah karakter akan nampak berbeda dari sebelumnya. Misalnya, sosok protagonis utama akan jauh lebih dewasa atau justru lebih muda. Situasi yang terjadi di sekitarnya juga bisa jadi alat cerita yang menunjukan adanya lompatan atau atau timeskip. Umumnya timeskip terjadi tidak terlalu lama. Namun, berikut adalah timekip paling lama di cerita film.

10Shawshank Redemption – 20 Tahun

Timeskip terlama dalam cerita film yang pertama adalah Shawshank Redemption yaitu 20 tahun. Diadaptasi dari novel karya Stephen King, Shawshank Redemption bercerita tentang seorang pria yang bernama Andy Dufresne. Dia harus dihukum seumur hidup atas tuduhan pembunuhan istrinya dan juga kekasihnya yang lain. Di sepanjang film, Andy terus memperlihatkan bahwa dia memang tidak bersalah.

Dari apa yang dihadirkan dalam ceritanya, para penonton akan berpikir bahwa yang Andy lakukan atau akui bahwa dia tidak bersalah benar adanya. Para penonton diajak untuk ikut menunggu fakta tersebut sampai kemudian tidak terasa waktu berjalan. Dalam ceritanya, kita kemudian mengetahui jika sudah 19 tahun waktu berlalu. Andy sudah menjadi sosok tua dan masih ada di penjara sampai kemudian dia kabur dari selnya.

Baru satu tahun kemudian, ketika teman Andy dan rekan satu selnya, Red, akhirnya bebas kita kemudian tahu apa yang terjadi kepada Andy dan ke mana dia pergi. Shawshank Redemption masih dianggap sebagai salah satu film terbaik yang pernah ada di industri film. Bagaimana para penonton tidak sadar jika sudah 19 tahun berlalu dalam ceritanya menjadi bukti jika narasinya mengalir dengan baik.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.