Muncul sejak era awal 1990an popularitas dari Power Rangers di seluruh dunia memunculkan inspirasi untuk menghadirkan berbagai tiruan tim ini. Rasanya tidak perlu diragukan lagi bagaimana popularitas dari Power Rangers di seluruh dunia. Rilis pertama kali pada 1993, tim superhero anak-anak muda ini masih terus mempertahankan popularitasnya hingga sekarang. Yang menarik adalah popularitas tim Power Rangers memunculkan banyak tiruan. Apa saja?

10VR Troopers

Tiruan Power Rangers yang pertama adalah VR Troopers. Pasca kesuksesan besar dari series Mighty Morphin Power Rangers, rumah produksi Saban Entertainent berusaha untuk menghadirkan keuntungan lain. Mereka kemudian menghadirkan sebuah tim superhero lainnya pada tahun 1994 yaitu VR Troopers. Bisa dibilang ini merupakan “sekuel” perdana dari series Power Rangers produksi Saban.

VR Troopers sendiri bercerita tentang tiga orang remaja yaitu Ryan Steele, JB Reese, dan Kaitlin Starr. Mereka tidak sengaja menemukan tentang sebuah dimensi baru bernama VR yang berdampingan dengan dimensi manusia. Mereka juga kemudian menyadari jika VR Dimension penuh dengan ancaman berbahaya seperti para monster. Para monster tersebut dipimpin oleh sosok jahat bernama Grimlord.

Ketiga remaja tersebut kemudian mendapatkan kekuatan untuk bisa berubah menjadi VR Troopers, di mana mereka mengakses kekuatan untuk bisa menggunakan tubuh robot. Tujuannya adalah mengalahkan Grimlord dan mencari ayah Ryan yang hilang. Sayangnya, Saban Entertainment seolah menjadikan series ini sebagai uji coba, karena banyak sekali perbedaan yang muncul dengan Power Rangers. Selain dari segi kostum, kualitas produksi dan alur cerita juga berbeda jauh. Hal inilah yang membuat VR Troopers hanya bertahan selama dua musim.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.