Muncul sejak era awal 1990an popularitas dari Power Rangers di seluruh dunia memunculkan inspirasi untuk menghadirkan berbagai tiruan tim ini. Rasanya tidak perlu diragukan lagi bagaimana popularitas dari Power Rangers di seluruh dunia. Rilis pertama kali pada 1993, tim superhero anak-anak muda ini masih terus mempertahankan popularitasnya hingga sekarang. Yang menarik adalah popularitas tim Power Rangers memunculkan banyak tiruan. Apa saja?

9Big Bad Beetleborgs

Saban Entertainment ternyata tidak menyerah untuk menghadirkan Metal Heroes lainnya. Setelah mereka kurang laku dalam menghadirkan VR Troopers, Saban Entertainment kemudian mencoba formula baru dalam series Big Bad Beetleborgs. Mereka mengadaptasi series ini dari Juuko B-Fighter dan B-Fighter Kabuto, namun dengan tema yang belum pernah muncul di cerita Tokusatsu sebelumnya yaitu kumbang.

Rilis pada 1996, Big Bad Beetleborgs benar-benar menjadi sebuah series tiruan Power Rangers yang Saban hadirkan untuk memuaskan hasrat anak-anak saat itu. Ceritanya sendiri berfokus pada tiga orang remaja dari sebuah kota bernama Charterville. Ketiganya kemudian pergi ke sebuah rumah berhantu di mana di sana mereka bertemu dengan sesosok jin. Ketiga kemudian mengajukan permohonan untuk bisa menjadi superhero favorit mereka.

Meskipun ketiganya kemudian berhasil mewujudkan mimpinya, yang kemudian dikenal sebagai Bettleborgs, ternyata jin tersebut juga menghidupkan sosok villain dalam cerita komik yang jadi inspirasi mereka yaitu Vexor. Big Bad Beetleborgs juga hanya bertahan selama dua musim. Namun, penjualan pernak-pernik berupa mainan dari karakternya sangat memuaskan. Series ini juga sempat tayang di Indonesia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.