Anime bertema sejarah sering kali mengahadirkan cerita tentang negara Jepang, namun beberapa anime sejarah lainnya justru menghadirkan cerita di luar Jepang. Meskipun kurang populer dan kalah populer dari genre lainnya, anime bertema sejarah tetap memiliki penggemar tersendiri. Jepang sering kali menjadi setting utama tempat dari cerita di anime sejarah tersebut. Namun, beberapa anime bertema sejarah ini memilih menghadirkan setting di luar Jepang. Apa saja?

7Monster

Monster dianggap sebagai salah satu karya terbaik dari mangaka Naoki Urasawa. Manganya sendiri sempat berhasil memenangkan berbagai penghargaan. Selain itu, adaptasi animenya juga mendapatkan pujian dari para kritikus dan penggemar. Cerita Monster sendiri berfokus pada seorang ahli bedah Jepang bernama Dr. Kenzou Tenma yang mengalami perubahan hidup yang drastis.

Hidup dari Dr. Tema berubah setelah dia memutuskan untuk menyelamatkan seorang anak laki-laki bernama Johan Liebert. Setelah Johan menjadi tersangka dalam serangkaian pembunuhan brutal, Tenma menyadari bahwa keputusannya untuk menyelamatkan anak ini telah membawa konsekuensi yang luar biasa. Pertemuan Tenma dengan Johan memulai serangkaian peristiwa misterius dan kejadian psikologis yang kompleks.

Setting waktu dari cerita Monster sendiri adalah dekade 80an dan 90an, di mana ceritanya bertempat di Eropa, yang sebagian besar adalah Dusseldorf, Jerman dan Republik Ceko. Selain menghadirkan setting Eropa di era 80an, anime ini juga menghadirkan peristiwa yang mengerikan ketika Jerman Timur dan Uni Soviet berkuasa. Peristiwa mengerikan tersebut adalah bagaimana Johan Liebert adalah dalang dari sebuah panti asuhan di Jerman Timur yang berisi anak-anak malang yang jadi korban eksperimen brutal dan tidak manusiawi serta cuci otak dari Johan Liebert.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.