Anime bertema sejarah sering kali mengahadirkan cerita tentang negara Jepang, namun beberapa anime sejarah lainnya justru menghadirkan cerita di luar Jepang. Meskipun kurang populer dan kalah populer dari genre lainnya, anime bertema sejarah tetap memiliki penggemar tersendiri. Jepang sering kali menjadi setting utama tempat dari cerita di anime sejarah tersebut. Namun, beberapa anime bertema sejarah ini memilih menghadirkan setting di luar Jepang. Apa saja?

8Banana Fish

Anime bertema sejarah yang bersetting di luar Jepang yang pertama adalah Banana Fish. Anime Banana Fish menghadirkan cerita tentang seorang pemuda berusia 17 tahun bernama Ash Lynx. Dia adalah seorang gangster muda dan karismatik yang beroperasi di bawah pimpinan bos mafia di Kota New York. Ash memiliki masa lalu yang kelam, termasuk pengalaman traumatis di masa kecilnya di Vietnam.

Ketika Ash menemukan sebuah kode misterius yang disebut “Banana Fish”, yang mana hal tersebut membuat nyawa adiknya melayang, dia memutuskan untuk mengungkap kebenaran di baliknya. Dalam petualangannya, Ash banyak bertemu dengan berbagai karakter yang membantunya dalam memecahkan berbagai teka-teki tersebut. Misalnya, dia bertemu dengan seorang fotografer asal Jepang bernama Eiji Nakamura.

Mereka pun menjadi teman dekat dan keduanya juga ikut mencari petunjuk terkait dengan sebuah obat-obatan misterius Banana Fish. Banana Fish mengahdirkan setting kota New York di tahun 1980an, di mana saat itu New York memang masih berada di bawah kendali para mafia. Namun, sesuai dengan sejarahnya, perlahan pengaruh dari mafia di kota New York mulai menghilang.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.