Film bertema religi memang jarang sekali muncul. Pasalnya tema ini memang cenderung sensitif, dan akan membuat kontroversi ketika sang pembuat film salah mengartikannya. Film religi adalah karya-karya sinematik yang mengeksplorasi tema-tema agama, keyakinan, spiritualitas, atau cerita-cerita yang berhubungan dengan mitologi atau tradisi agama tertentu. Ada beberapa film religi yang pernah diperkenalkan, tetapi ada beberapa dari film-film tersebut yang dianggap menyimpang. Apa saja film tersebut? Simak berikut ini Geeks!

5The Passion of the Christ

Film ini disutradarai oleh Mel Gibson, yang juga berperan sebagai produser. Gibson mengarahkan film ini dengan fokus pada detail sejarah dan aspek spiritual. Film ini mengisahkan kisah tentang penderitaan dan kematian Yesus Kristus, dari pengkhianatan-Nya oleh Yudas Iskariot hingga penyaliban dan kebangkitan-Nya dari kematian. Difilmkan dalam bahasa Aram dan Latin, The Passion of the Christ mengikuti perjalanan terakhir Yesus menjelang penyaliban-Nya.

Dalam film ini, penggambaran penderitaan Yesus Kristus sangatlah detail dan memperlihatkan rasa sakit dan pengorbanan-Nya secara mendalam. Melalui penampilan Jim Caviezel sebagai Yesus, penonton dihadapkan pada pengalaman yang mendalam tentang kesetiaan, pengampunan, dan kasih yang tak terbatas. Tetapi tentu saja film ini tak lepas dari kontroversi karena dianggap antisemitisme atau anti Yahudi.

Banyak kaum Yahudi yang memprotes film ini karena terlalu mengada-ngada, dengan mengambarkan kaum Yahudi sebagai sosok yang sangat bengis karena melakukan penyiksaan terhadap Yesus dengan cara yang sangat brutal. Karena itulah menurut beberapa kaum Yahudi diluar sana, film ini dianggap menyimpang dari kisah yang sebenarnya terjadi.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/