Demi bisa tayang di sebuah negara, seperti China dan negara lain, ada beberapa adegan film yang akhirnya dirubah demi lolos sensor. Melakukan sensor tentunya jadi satu prosedur yang harus sebuah film lakukan agar bisa tayang. Melakukan sensor juga jadi langkah terakhir sebelum filmnya benar-benar bisa tayang. Namun, di beberapa negara sebuah proyek film terkadang harus rela beberapa adegan dalam filmnya dirubah demi sensor. Berikut adalah beberapa contohnya.

10Red Dawn

Adegan film yang dirubah demi sensor pertama berasal dari film Red Dawn. Ini merupakan remake dari film aksi dengan judul yang sama yang rilis pada 1980an. Red Dawn sendiri rilis pada 2012 kemarin. Filmnya sendiri bercerita tentang sekelompok orang yang memiliki latar belakang militer. Mereka kemudian membentuk sebuah kelompok gerilya yang jadi kekuatan perlawanan bagi kelompok militer yang mengambil alih kota mereka.

Dalam versi film originalnya yang tayang pada 1984, pihak yang menyerbu atau melakukan invasi tersebut adalah Uni Soviet. Namun, dalam film Red Dawn versi tahun 2012 pada awalnya pasukan negara China yang jadi antagonis di film tersebut. Namun, mengingat filmnya akan juga dipasarkan di China dan mereka adalah target pasar yang besar, akhirnya adegan tersebut dirubah total.

Pihak petinggi dari rumah produksi memutuskan untuk mengganti pihak China dengan Korea Utara. Hal ini semata-mata demi mengamankan potensi besar film tersebut di negara China. Dalam proses editing, bendera China diganti secara digital dengan bendera Korea Utara. Beberapa poin cerita di filmnya juga dirubah agar bisa meyakinkan jika Korea Utara adalah antagonis utamanya.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.