Demi bisa tayang di sebuah negara, seperti China dan negara lain, ada beberapa adegan film yang akhirnya dirubah demi lolos sensor. Melakukan sensor tentunya jadi satu prosedur yang harus sebuah film lakukan agar bisa tayang. Melakukan sensor juga jadi langkah terakhir sebelum filmnya benar-benar bisa tayang. Namun, di beberapa negara sebuah proyek film terkadang harus rela beberapa adegan dalam filmnya dirubah demi sensor. Berikut adalah beberapa contohnya.

9Skyfall

Adegan film yang dirubah demi sensor yang selanjutnya adalah Skyfall. Kasus sensor di film ini mirip seperti yang terjadi kepada Red Dawn. Film ketiga dari Daniel Craig dalam perannya sebagai James Bond harus mengalami perubahan besar ketika menghadirkan karakter antagonis. Dalam film Skyfall, nampak bagaimana MI6 sudah terbongkar operasinya secara keseluruhan.

Hal itu pun membuat semuanya berada di tangan agen rahasia andalan mereka, yang tidak lain adalah James Bond alias agen 007. Dalam film tersebut sebenarnya terdapat adegan yang memperlihatkan bagaimana Bond bertarung menghadapi kelompok villain asal China. Namun, adegan ini hanya muncul dalam versi aslinya. Sedangkan, untuk versi tayang di luar negeri, khususnya China, akhirnya adegan tersebut dirubah.

Dalam hal ini, MGM memutuskan untuk memotong seluruh adegan tersebut dari filmnya. Secara plot, memang adegan tersebut tidak memberikan pengaruh atau perubahan besar. Namun, ini sebenarnya bukan kali pertama franchisenya menghapus adegan yang menghadirkan karakter China di dalam ceritanya. Casino Royale dan Quantum of Solace juga pernah melakukan hal yang sama.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.