Dalam franchise James Bond sebenanrya ada agen 00 lainnya yang muncul dalam cerita selain agen 007 alias James Bond. Franchise James Bond memperkenalkan kita pada sosok agen terbaik di agensi rahasia Inggris, MI6, yaitu James Bond. Sang agen rahasia memiliki kode rahasia yaitu 007. Namun, mungkin banyak Geeks yang tidak sadar jika sebenarnya agensi MI6 memiliki agen rahasia lainnya selain 007. Berikut adalah agen 00 selain sosok James Bond.

7002

Agen 00 selain James Bond yang pertama adalah agen 002. Seperti halnya titel 007, sebenarnya ada banyak agen yang pernah menggunakan kode identitas 002 dalam sejarah MI6. Di franchise James Bond sendiri agen 002 pertama kali muncul dalam film The Living Daylights yang rilis pada 1987, di mana sosok agen yang menggunakan identitas ini adalah John. Dia merupakan salah satu dari tiga agen yang terpilih untuk melakukan latihan khusus di Gibraltar.

Aktor Glyn Baker yang kemudian memerankan sosok agen 002 John tersebut, di mana dia terlihat menggunakan parasut dari sebuah pesawat terbang setelah mendapatkan misi dari M. Selain John, sosok yang pernah pernah menggunakan identitas agen 002 adalah Bill Fairbanks yang muncul dalam film The Man With The Golden Gun. Dalam filmnya, Bond diperlihatkan menjalankan misi untuk menginvestigasi operasi jahat dari Francisco Scaramanga.

Dia kemudian melakukan pelacakan terhadap seorang penari di Beirut yang bernama Saida. Sayangnya, melalui informasi temannya, James Bond kemudian mengetahui jika Bill Fairbanks ternyata sudah tewas akibat terbunuh oleh Scaramanga beberapa tahun sebelumnya. Tidak ada informasi apakah Bill atau John terlebih dahulu yang menggunakan kode tersebut, namun jika mengacu pada tahun filmnya maka artinya Bill yang terlebih dahulu menggunakan identitas tersebut.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.