Dalam episode 3 series Shogun, sosok John Blackthorne mendapatkan titel baru dari Yoshii Toranaga yaitu Hatamoto namun apa arti dari hal tersebut? Dalam tiga episode awal dari series Shogun, John Blackthorne sudah berkembang jadi sosok yang penting bagi keberlangsungan perang yang terjadi di Jepang. Semenjak menjadi tahanan bagi Yoshii Toranaga, Blackthorne menunjukan bahwa dia bisa jadi sosok yang penting. Di episode baru Shogun kemarin John Blackthorne mendapatkan sebutan baru dari Toranaga yaitu Hatamoto. Namun, apa arti dari Hatamoto?

4Gelar Hatamoto

Dalam episode 3 sendiri diperlihatkan bagaimana Yoshii Toranaga menyusun rencana untuk bisa kabur dari istana di Osaka. Hal ini karena dia merasa situasi di sana sudah tidak lagi kondusif. Apalagi, sebelumnya, terdapat serangan yang mengarah pada sosoknya dan juga Blackthorne. Toranaga sudah menduga jika pihak Kristiani sudah mengincar nyawa dari John Blackthorne yang berada di pihak Toranaga.

Dia pun meminta bantuan dari kashigi Yabushige untuk memulai strateginya kabur dari istana Osaka. Toranaga sendiri sebenanrya sudah tahu mengenai “pengkhianatan” yang dilakukan oleh Yabushige. Dia kemudian memberikan penawaran kepada Yabushige yang mana dia kemudian terima. Dalam rencana tersebut Toranaga meminta Blackthorne untuk ikut karena dia yang bisa mengendalikan kapalnya.

Menjelang akhir episodenya, ternyata rencana Toranaga tersebut terbongkar dan diketahui oleh para Councils of Regent lainnya. Meskipun begitu, Toranaga berhasil pergi menuju kapalnya. Namun, puluhan kapal dari pihak musuh sudah siap menghadang mereka. Untungnya, di pelabuhan tersebut terdapat kapal Black Ship milik Portugal yang hendak pergi. Blackthorne sendiri mengatakan jika mereka tidak akan selamat dari serangan tersebut jika menggunakan kapal milik Toranaga.

Satu-satunya cara adalah dengan menggunakan kapal Black Ship milik perusahaan dagang Portugal. Setelah Toranaga menjalin kesepakatan, akhirnya mereka pun berangkat. Di sisi lain, meskipun dalam kesepakatannya mereka meminta Blackthorne untuk tetap di Osaka, faktanya dia memutuskan untuk pergi dari sana. Dia nekat ikut menerobos barikade kapal, yang mana dia pun awalnya hendak dihancurkan oleh kapal Black Ship.

Namun, kemampuannya dalam hal navigasi akhirnya membuat Blackthorne mampu keluar dari situasi sulit dan Toranaga memutuskan untuk kembali ke kapalnya. Toranaga sendiri melihat aksi yang Blackthorne lakukan dan sangat memuji apa atas tindakannya tersebut. Meskipun pihak kapal Black Ship memberikan catatan buruk terkait Blackthorne, namun Toranaga nampak tidak peduli terkait hal tersebut. Dia bahkan mengahdirkan peranan baru bagi John Blackthorne sebagai ‘Hatamoto.’

Pengertian Hatamoto – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.