Dalam episode 3 series Shogun, sosok John Blackthorne mendapatkan titel baru dari Yoshii Toranaga yaitu Hatamoto namun apa arti dari hal tersebut? Dalam tiga episode awal dari series Shogun, John Blackthorne sudah berkembang jadi sosok yang penting bagi keberlangsungan perang yang terjadi di Jepang. Semenjak menjadi tahanan bagi Yoshii Toranaga, Blackthorne menunjukan bahwa dia bisa jadi sosok yang penting. Di episode baru Shogun kemarin John Blackthorne mendapatkan sebutan baru dari Toranaga yaitu Hatamoto. Namun, apa arti dari Hatamoto?

3Pengertian Hatamoto

Lalu, apa sebenarnya ‘Hatamoto’ dalam series Shogun yang menjadi peranan baru dari John Blackthorne? Pada dasarnya, Hatamoto merupakan sebuah peranan dan posisi yang bisa dibilang sangat terhormat di era kekaisaran Shogun. Hatamoto mirip seperti peran atau posisi dari Daimyo, yang mana merupakan pengikut atau sosok yang patuh terhadap sang Shogun.

Arti dari “Hatamoto” sendiri secara harfiah adalah “Asal-Usul Bendera.” Hal ini merujuk pada peran dari sosok pembawa bendera dari sebuah klan atau kerajaan ketika pertempuran terjadi. Toranaga sendiri sudah melihat bagaimana aksi kepahlawanan dan keberanian dari John Blackthorne demi dirinya ketika dia keluar dari ancaman pihak Portugal. Demi menghormati hal tersebut, Toranaga menganggap Blackthorne memiliki semangat yang sama dengan seorang Samurai atau Daimyo.

Sebagai sosok Hatamoto bagi Toranaga, John Blackthorne dianggap sebagai perwujudan dari sosok pelindung bendera dan tujuannya. Dalam hal ini, bendera dari Toranaga tersebut adalah dinasti Shogun masa depan dari Toranaga yang akan dia miliki. Seperti yang diceritakan di episode sebelumnya, Toranaga sebenarnya adalah sosok yang berpengaruh dan bahkan sempat ditunjuk untuk menjadi penggantinya.

Namun, Toranaga sendiri menolak dan menganggap bahwa keturunan dari sang pemimpin yang pantas untuk menggantikannya. Di sisi lain, kedekatan Toranaga dan sang Shogun dahulu membuat pihak lainnya cemburu. Itulah alasan kemudian Toranaga dianggap menjadi musuh yang harus mereka singkirkan. Dan salah satu caranya adalah dengan mengasingkannya dan mengurungnya dalam istana Osaka.

Sebelum kemunculan Blackthorne, nampak masa depan Toranaga sangat suram. Dia nampak sudah pasrah dengan situasi yang ada meskipun dia juga masih berusaha untuk keluar dari situasi tersebut. Namun, ketika Blackthorne muncul dan memiliki taktik berbeda, dia memutuskan untuk membantu sang pemimpin untuk bisa keluar dang cengkraman orang-orang di sekitarnya.

Yang menarik juga adalah Toranaga bahkan menunjuk dan meminta Blackthorne untuk mengajari mereka banyak hal tentang “taktik dan strategi asing.” Hal tersebut semata-mata demi mempersiapkan pertempuran menghadapi Council of Regents lainnya dan juga para pengikut mereka. Toranaga pun bahkan meminta Blackthorne untuk mengajari sang anak dan Yabushige terkait semua hal itu.

Hatamoto Dalam Sejarah Jepang – Ke Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.