Sebuah teori yang cukup gila namun menarik muncul di kalangan fans yang menyebutkan jika sosok Joy Boy mungkin adalah ayah dari Imu. Identitas dari sosok Joy Boy dan Imu memang masih jadi tanda tanya besar dalam alur cerita One Piece. Sejak pertama kali diperkenalkan atau muncul sebagai referensi, Oda Sensei masih belum menjelaskan secaraa detil tentang kedua karakter itu. Terdapat sebuah teori menarik yang menyebutkan jika Joy Boy adalah ayah dari Imu.

3Identitas Joy Boy Dan Imu

Seperti disebutkan di atas bahwa asal usul Imu memang masih menjadi misteri sampai saat ini. Meskipun begitu, banyak para fans yang berspekulasi tentang dari mana sebenarnya Imu. Ada yang menyebutkan jika dia berasal dari era Abad Kekosongan atau  Void Century. Dan ada juga spekulasi yang menyebutkan jika Im berasaal dari 800 tahun yang lalu dan masih bertahan hidup hingga sekarang.

Namun, setelah sempat jadi misteri selama puluhan tahun akhirnya Oda Sensei memberikan sebuah petunjuk mengenai siapa sosok Imu sebenarnya. Dalam chapter 1086, Oda mengungkap sedikit tentang asal-usul sosok Im yang misterius. Dalam percakapan Ivankov dan Sabo serta Dragon, terungkap jika pada 800 tahun yang lalu terdapat sebuah keluarga yang ikut membentuk World Government.

Nama keluarga tersebut adalah keluarga Nerona. Yang menarik adalah pemimpin dari keluarga Nerona adalah seseorang bernama Saint Im/Imu. Ivankov sendiri sebenarnya tidak begitu yakin apakah Imu yang Sabo lihat adalah orang yang sama dengan Saint Imu yang hidup 800 tahun lalu. Jika memang demikian, artinya Saint Imu menggunakan kekuatan dahsyat yang bisa membuat seseorang hidup abadi.

Lalu, siapa Joy Boy? Berdasarkan dari apa yang yang disebutkan dalam sejarah, Joy Boy merupakan figur penting yang muncul sekitar 800 tahun yang lalu sebelum cerita utama seriesnya dimulai. Nama dari Joy Boy sendiri diketahui pertama kali disebutkan atau direferensikan saat kru Topi Jerami berada di pulau Manusia Ikan. Nico Robin saat itu menemukan sebuah Poneglyph di hutan laut.

Dalam isi poneglyphnya diketahui bahwa Joy Boy memiliki koneksi dengan pulau Manusia Ikan pada era abad yang hilang. Joy Boy diketahui ingin para manusia ikan tinggal atau hidup berdampingan dengan manusia lainnya di daratan. Sayangnya, upaya yang dilakukan oleh Joy Boy tersebut gagal karena sesuatu. Karena gagal memenuhi janjinya, Joy Boy pun kemudian menuliskan permintaan maafnya kepada para manusia ikan seperti yang tertulis di Poneglyph yang ditemukan oleh Nico Robin.

Namun, apa yang sebenarnya terjadi kepada Joy Boy? Apa alasan Joy Boy gagal memenuhi janjinya? Semuanya masih menjadi sebuah misteri besar hingga saat ini. Namun, jika melihat berbagai petunjuk yang ada atau sudah diberikan selama ini, ada kemungkinan bahwa Joy Boy tewas dalam pertempuran menghadapi 20 kerajaan yang menyerang Kerajaan Kuno.

Joy Boy Ayah Dari Imu – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.