Setiap tahunnya, kita selalu disuguhkan dengan film-film Indonesia berkualitas, yang tak kalah dengan film buatan luar. Tentu saja film-film ini terasa lebih relevan bagi kita, karena mengambil latar tempat Indonesia yang menarik untuk dijelajahi. Menariknya nih Geeks, ada beberapa dari film-film buatan Indonesia yang justru dilarang tayang di negeri sendiri. Ada banyak faktor penyebabnya, tetapi mayoritasnya terjadi karena filmnya dianggap memiliki cerita yang kontroversial, sehingga dilarang tayang di bioskop. Apa saja film Indonesia tersebut? Simak berikut ini!

7Kucumbu Tubuh Indahku

Kucumbu Tubuh Indahku adalah film drama yang dirilis pada tahun 2018. Lewat judulnya saja, kita bisa mengetahui bahwa film ini bakal dianggap kontroversial. Filmnya disutradarai oleh Garin Nugroho, seorang sutradara ternama dalam perfilman Indonesia. Sementara itu para pemeran yang terlibat antara lain adalah Muhammad Khan, Raditya Evandra, dan Sujiwo Tejo.

Kucumbu Tubuh Indahku mengisahkan tentang perjalanan seorang anak laki-laki bernama Juno (Muhammad Khan) yang tumbuh di lingkungan tradisional Jawa dan memiliki ketertarikan pada seni tari. Namun, keinginannya untuk mengejar passion-nya bertentangan dengan pandangan dan harapan orang-orang di sekitarnya. Juno harus mengatasi berbagai rintangan dan prasangka yang menghadangnya karena keinginannya untuk menari.

Dia juga harus berurusan dengan konflik batin tentang identitas gender-nya. Selama perjalanannya, Juno bertemu dengan berbagai karakter yang membantu membimbingnya dan menginspirasinya untuk mengejar mimpinya. Film ini menggambarkan perjuangan seorang individu untuk meraih kebebasan ekspresi. Kucumbu Tubuh Indahku memang sempat tayang di bioskop, sebelum akhirnya diturunkan karena banyaknya penolakan.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/