Dalam sebuah film adaptasi seharusnya pembuat film menghadirkan sesuatu yang unik atau mengikuti sumber aslinya, namun film adaptasi ini justru berubah aneh. Melakukan adaptasi sebuah film bukanlah perkara yang mudah, karena ada banyak hal yang perlu untuk dipertimbangkan. Cerita adalah salah satu contohnya. Menghadirkan perubahan cerita dari sumber aslinya memang bukan hal yang aneh. Namun, terkadang, hal tersebut malah membuat film adaptasi tersebut jadi tidak karuan. Berikut adalah beberapa film adaptasi paling aneh dalam sejarah.

9The Spirit

Seperti yang disebutkan di atas, era 2000an bukan masa yang baik bagi adaptasi buku komik. Selain Catwoman, The Spirit juga menjadi bukti bagaimana film superhero bukan jadi sesuatu yang menarik pada saat itu. Apalagi, film ini juga dianggap gagal dan aneh karena berbagai macam faktor. Film The Spirit menghadirkan sesuatu yag unik di mana sosok superhero memiliki tampilan yang berbeda.

Para superhero yang ada di film ini hanya memakai kostum hitam dengan topeng seadanya. Film ini disutradarai oleh Frank Miller dan diadaptasi dari sebuah komik strip berjudul sama yang rilis tahun 1940. The Spirit rilis pada tahun 2008 dan banyak dibintangi oleh aktor dan aktris Hollywood terkenal seperti Samuel L. Jackson, Gabriel Macht, Scarlett Johansson dan Eva Mendez.

Filmnya sendiri bercerita tentang sosok karakter bernama Denny Colt yang merupakan seorang detektif swasta yang bertugas di Central City. Sayangnya, dalam sebuah peristiwa Denny kemudian diceritakan tewas. Namun, dia diperlihatkan bisa kembali bangkit dari kematiannya. Karena pernah bangkit dari kematian inilah Denny Colt kemudian mendapatkan julukan The Spirit. Tone yang aneh, dianggap sebagai film parodi, perubahan tema yang ekstrem menjadi beberapa alasan mengapa The Spirit gagal total di pasaran dan terlupakan serta jadi salah satu film adaptasi paling aneh.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.