Dari tahun ke tahun, kualitas film-film Indonesia terus membaik. Setiap tahunnya, kita selalu disuguhkan dengan film-film terbaru yang menarik untuk kita simak. Bahkan ada dari beberapa film tersebut yang juga terkenal di luar negeri, dan sukses besar. Contohnya adalah film The Raid yang dikenal di berbagai negara lain, bahkan Amerika Serikat. Hal tersebut membuktikan bahwa perkembangan film Indonesia semakin meningkat pesat. Nah dalam artikel kali ini, kita akan membahas beberapa film Indonesia yang berhasil mendapatkan rating tertinggi di IMDB. Apa saja?

10Nyai: A Woman From Java – 9.1

Nyai: A Woman from Java adalah film sejarah Indonesia yang dirilis pada tahun 2016. Film ini disutradarai oleh Garin Nugroho, seorang sutradara terkenal di Indonesia yang dikenal dengan karya-karyanya yang menghadirkan elemen budaya lokal. Selain menyutradarai, Garin Nugroho juga turut menulis naskahnya. Beberapa pemeran utama dalam film ini antara lain Annisa Hertami sebagai Nyai, Rudy Corenz sebagai Willem van Erk, dan Gunawan Maryanto.

Filmnya diadaptasi dari beberapa novel seperti Nyai Isah (1904), Seitang Koening (1906), Boenga Roos dari Tjikembang (1927), dan beberapa novel lainnya. Film ini berlatar di masa penjajahan Belanda tahun 1927. Di sini, kita diceritakan tentang seorang wanita yang tinggal bersama suaminya yang merupakan orang Belanda. Suatu ketika, wanita yang diberi nama Nyai ini mulai menyadari bahwa ia seperti hidup terpenjara.

Di sinilah kita diceritakan tentang bagaimana kehidupan Nyai saat mengurus suaminya, dengan masalah-masalah yang dihadapi. Menariknya, film ini pertama kali ditayangkan di Festival Film Internasional Busan. Selain itu, filmnya juga ditayangkan di beberapa festival lain seperti Singapore International Film Festival, dan Rotterdam International Film Festival.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/