Dalam alur cerita Avatar: The Last Airbender terdapat beberapa Avatar yang muncul seperti Aang dan Kyoshi serta Roku, namun ada sosok Avatar pertama yang mungkin jarang diketahui, Wan. Platform streaming Netflix kembali menghadirkan sebuah series live action yang merupakan adaptasi dari sebuah series animasi populer, Avatar: The Last Airbender. Dalam ceritanya, kita melihat petualangan Aang berusaha untuk menjadi sosok Avatar. Namun, mungkin tidak banyak Geeks yang tahu jika sebelum Aang dan Avatar lainnya terdapat sosok yang pertama kali menyandang gelar tersebut yaitu Wan.

3Siapa Wan

Siapa sebenarnya Wan? Pada dasarnya, dia merupakan sosok manusia pertama yang bisa mengendalikan elemen. Dia adalah pengendali elemen pertama dalam franchise Avatar. Dalam series The Last Airbender season 1, para fans diperkenalkan beberapa karakter Avatar atau pengendali empat elemen alam selain sosok Aang. Mereka adalah Avatar Roku, Avatar Kyoshi, Avatar Szeto, Avatar Yangchen, dan Avatar Kuruk.

Meskipun mereka adalah pengendali keempat elemen, namun para Avatar tersebut berasal dari empat negara pengendali yang berbeda. Semuanya akan saling bergantian lahir dan mengisi peran sebagai Avatar. Inilah yang kemudian disebut sebagai Avatar Cycle atau Lingkaran Avatar. Aang sendiri adalah Avatar selanjutnya yang berasal dari kuil pengendalian angin atau pengendali angin.

Namun, sebenarnya, jauh sebelum Aang bahkan kelima Avatar tersebut terdapat sosok yang mampu mengendalikan elemen untuk pertama kalinya. Dan sosok tersebut yang kemudian mendapatkan julukan Avatar sebelum diwariskan kepada karakter lainnya. Siapa sosok tersebut? Tidak lain adalah Wan. Menurut informasinya, Wan merupakan sosok Avatar pertama yang hidup pada 10.000 tahun yang lalu.

Karakter Avatar Wan sendiri sebenarnya pertama kali diperkenalkan dalam series The Legend of Korra, sekuel dari series The Last Airbender di mana. Dalam series tersebut protagonis utamanya bukan lagi Aang melainkan Korra, sosok Avatar lainnya. Wan merupakan sosok yang pertama kali menduduki jabatan sebagai Avatar dan yang menarik adalah sebenarnya dia merupakan manusia biasa.

Dia tidak lahir dengan status sebagai sosok Avatar atau seorang pengendali. Untuk mendapatkan kekuatan pengendaliannya, dia harus terhubung dengan dunia arwah. Tumbuh secara miskin di sebuah kota yang dibangun di atas punggung seekor kura-kura singa api jutaan tahun yang lalu, aktivitas Wan memaksanya diusir oleh sang kura-kura tersebut ke Spirits Wilds, sebuah teritori atau wilayah yang tidak berpenguni.

Pengendali Elemen Pertama – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.