Dalam alur cerita Avatar: The Last Airbender terdapat beberapa Avatar yang muncul seperti Aang dan Kyoshi serta Roku, namun ada sosok Avatar pertama yang mungkin jarang diketahui, Wan. Platform streaming Netflix kembali menghadirkan sebuah series live action yang merupakan adaptasi dari sebuah series animasi populer, Avatar: The Last Airbender. Dalam ceritanya, kita melihat petualangan Aang berusaha untuk menjadi sosok Avatar. Namun, mungkin tidak banyak Geeks yang tahu jika sebelum Aang dan Avatar lainnya terdapat sosok yang pertama kali menyandang gelar tersebut yaitu Wan.

2Pengendali Elemen Pertama

Suatu hari, dia kemudian mendapatkan “warisan” berupa pengendalian elemen yaitu pengendalian api. Sayangnya, Wan harus terjebak dalam sebuah tipu daya. Dengan kekuatan yang dia miliki, Wan kemudian secara sengaja dan sadar membebaskan sosok bernama Vaatu. Namun, yang tidak Wan ketahui adalah makhluk yang merupakan arwah kegelapan. Wan membebaskan Vaatu dari cengkraman Raava, yang merupakan arwah cahaya.

Wan tidak tahu tujuan Vaatu yang sebenarnya yang mana akhirnya membuat Wan mau membantu Raava untuk kembali menangkap Vaatu. Dalam upaya unuk menangkap kembali Vaatu sang arwah kegelapan, kura-kura singa ajaib lainnya kemudian memberikan Wan kemampuan pengendalaian elemen selain api. Pengendalian elemen tersebut tidak lain adalah udara, air, dan juga bumi atau tanah.

Wan kemudian berpetualang untuk mencari keberadaan Vaatu dan mengalahkannya. Selama perjalanan atau petualangannya tersebut, Wan berusaha untuk mengendalikan masing-masing elemen. Dia pun kemudian mendidakasikan hidupnya untuk menghadapi berbagai kejahatan yang dia lakukan dalam petualangannya. Dan dalam pertarungan melawan Vaatu, Wan pun sebenarnya akhirnya tewas.

Namun, sebelum Wan diperlihatkan tewas dicertakan bagaimana Raava dan Wan kemudian diceritakan menyatu secara permanen ketika mereka berdua bertarung melawan Vaatu. Pasca kejadian itu, para kura-kura singa ajaib kemudian memutuskan Wan untuk menjadi pihak atau sosok yang jadi jembatan antara dunia manusia dan dunia arwah. Dan peristiwa inilah yang kemudian memulai Siklus/Lingkaran Avatar atau Avatar Cycle yang kita kenal dan muncul dalam cerita The Last Airbender.

Wan merupakan sosok pengendali elemen pertama dalam dunia Avatar berkat koneksinya dengan empat kura-kurang singa (Lion Turtle) ajaib yang memberikannya kemampuan tersebut. Meskipun masih terlalu awal untuk mengeksplor tentang Wan di series live action Avatar The Last Airbender, namun hal yang menarik jika kemudian mereka menghadirkan referensi tentang sosok Wan dalam ceritanya.

Fakta Menarik Mengenai Wan – Ke Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.