Dalam Multiverse Marvel ada banyak universe yang sudah diperkenalkan sejak puluhan tahun lalu, namun beberapa diantaranya dianggap paling mengerikan. Dunia komik tentunya terkenal akan kreativitas tanpa batas yang bisa para penulis hadirkan dalam cerita. Salah satu hal yang biasa muncul adalah menghadirkan berbagai universe dalam ceritanya. Kemunculan berbagai universe alternatif, selain Earth-616 yang jadi universe utama, membuat ceritanya semakin menarik. Namun, sebagian universe Marvel tersebut dianggap paling mengerikan. Apa saja?

10Earth-90214

Universe Marvel yang paling mengerikan pertama adalah Earth-90214. Sebenarnya, salah satu universe Marvel ini salah satu yang menarik. Sesuai dengan namanya, universe Marvel tersebut mengambil setting di era 1920an, yang dipadukan dengan berbagai elemen noir dan film seperti pulp fiction untuk menciptakan sebuah Marvel Universe yang sangat berbeda dari biasanya.

Berbagai karakter yang muncul di universe ini juga merupakan versi Noir. Beberapa diantaranya adalah Luke Cage, The Punisher, dan X-Men. Namun, diantara sekian banyak karakter Marvel Noir, yang paling populer dari era ini adalah Spider-Man Noir. Karakter Spider-Man Noir ini pernah memiliki peran penting dalam film animasi Spider-Man: Into the Spider-Verse, yang diadaptasi dari event Spider-Verse.

Meskipun begitu, era Noir sebenarnya merupakan salah satu masa di mana tingkat kriminalitasnya tinggi. Meskipun di universe tersebut ada berbagai karakter superhero Marvel yang siap melindungi, namun rasanya dengan tingkat kriminalitas yang sangat tinggi itu membuat universe Marvel ini sulit untuk ditinggali. Nuansa dan atmosfer di universe tersebut yang melankolis jadi salah satu alasan lainnya.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.