Dalam Multiverse Marvel ada banyak universe yang sudah diperkenalkan sejak puluhan tahun lalu, namun beberapa diantaranya dianggap paling mengerikan. Dunia komik tentunya terkenal akan kreativitas tanpa batas yang bisa para penulis hadirkan dalam cerita. Salah satu hal yang biasa muncul adalah menghadirkan berbagai universe dalam ceritanya. Kemunculan berbagai universe alternatif, selain Earth-616 yang jadi universe utama, membuat ceritanya semakin menarik. Namun, sebagian universe Marvel tersebut dianggap paling mengerikan. Apa saja?

9Earth-2099

Universe Marvel paling mengerikan yang pertama adalah Earth-2099. Sudah sejak lama universe alternatif ini dianggap sebagai salah satu universe yang gelap dan mengerikan. Di sisi lain, ini menjadi alternatif universe yang populer berkat karakter Spider-Man 2099. Earth-2099 sendiri, sesuai dengan namanya bersetting di tahun 2099 di mana semua teknologi dan peradaban sudah sangat maju.

Yang menarik adalah semua versi superhero memiliki titel “2099” seperti halnya Spider-Man 2099. Contohnya adalah Punisher 2099, Daredevil 2099, dan masih banyak lainnya. Namun, ada satu hal yang membuat universe ini kemudian dianggap begitu kelam dan mengerikan. Peran dari perusahaan Alchemax dalam menguasai seluruh lini kehidupan adalah alasan utamanya.

Alchemax merupakan sebuah perusahaan terknologi di mana awalnya itu merupakan tempat Miguel O’Hara bekerja sebelum kemudian dia terlibat tragedi dan jadi Spider-Man 2099. Alcemax benar-benar mengendalikan semua sektor kehidupan manusia melalui teknologi yang mereka ciptakan. Inilah alasan tahun 2099 dianggap sebagai tahun yang kelam bagi banyak orang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.