Salah satu fakta yang jarang diketahui oleh para fans adalah sebenarnya ada banyak lokasi dari Batcave milik Batman. Sejak pertama kali muncul dalam cerita Detective Comics dan kemudian muncul di seriesnya sendiri, Batman terkenal memiliki markas pribadinya yang bernama Batcave. Umumnya orang mengetahui Batcave terletak di bawah Wayne Manor di kota Gotham. Namun, sebenarnya, terdapat beberapa lokasi Batcave lainnya yang jarang diketahui. Di mana saja?

8Batcave West

Meskipun Batman lebih sering berada di Gotham City, namun Bruce Waayne juga diketahui sering pergi ke berbagai belahan dunia ketika dibutuhkan. Karena alasan tersebut, Batman sering kali membutuhkan berbagai Batcave yang berbeda tempaat untuk memudahkan dia melakukan misinya, apalagi ketika dia sedang berada di sebuah kota. Ini alasan Batman kemudian membangun Batcave baru di luar wilayah Gotham City.

Gotham City mungkin adalah salah satu kota fiktif yang ada di DC Comics, namun dalam cerita komik Outsiders #19 yang rilis pada 1987 Batman pernah membangun Batcave di salah satu kota paling populer di Amerika, Los Angeles. Nama dari Batcave yang dibangun oleh Batman di Los Angeles ini adalah Batcave West. Batman sengaja membangun Batcave ini untuk tim Outsiders.

Dalam cerita komiknya, tim Outsiders harus berhadapan dengan kelompok villain bernama Masters of Disasterrs. Batman kemudian sempat mengungkapkan rencana pembuatan Batcave West masih dalam tahap pengerjaan kepada Katana dan Metamorpho. Dari cetak biru yang diperlihatkan, desainnya cenderung sederhana namun fasilitas yang ada sangatlah lengkap.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.