Beberapa film box office yang sukses di pasaran cenderung banyak ditiru oleh berbagai pembuat film lainnya untuk menghadirkan formula cerita yang sama. Sebuah film box office yang laku keras atau laku di pasaran tentunya menjadi “panduan” bagi berbagai film lainnya. Mereka berusaha untuk bisa menirukan berbagai hal yang film tersebut hadirkan mulai dari formula cerita, karakter, atau hal lain. Berikut adalah film box office yang banyak ditirukan.

102001: Space Odyssey

Film box office yang paling banyak ditirukan pertama adalah 2001: Space Odyssey. Mahakarya dari sutradara Stanley Kubrick tetap dianggap sebagai film yang paling fenomenal, paling luar biasa, terutama dalam hal visual dan teknologi yang digunakan. Tema tentang luar angkasa memberikan Kubrick banyak hal dan ide-ide baru yang coba dihadirkan di filmnya.

Filmnya sendiri bercerita tentang dua orang astronot, Dr. David Bowman dan Frank Poole. Mereka mendapatkan misi untuk pergi ke planet Jupter dengan pesawat luar angkasa yang dibekali dengan kecerdasan buatan bernama HAL 9000. Namun, di tengah misi, kecerdasan buatan tersebut mulai bertindak sendiri dan mulai menyerang kedua astronot. Di akhir filmnya, kita melihat bagaimana David Bowman “tewas” dan kemudian berubah menjadi makhluk bernama Star Child.

Hampir semua film yang bertema fiksi ilmiah pasti menirukan atau berpacu pada apa yang dihadirkan oleh Kubrick dalam film 2001: Space Odyssey. Mulai dari sinematografi, visual, CGI, dan sebagainya. Inilah yang kemudian jadi alasan mengapa film tersebut masih sangat populer dan bahkan masih berpengaruh hinggaa sekarang sehingga banyak ditiru oleh berbagai film box office lainnya.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.